General

Sejarah Berdiri Negara Korea: Dari Zaman Kuno Hingga Masa Kini

×

Sejarah Berdiri Negara Korea: Dari Zaman Kuno Hingga Masa Kini

Share this article

Korea merupakan salah satu negara di Asia Timur yang memiliki sejarah yang panjang dan kaya akan budaya. Sejak zaman kuno, Korea telah menjadi pusat perdagangan dan hubungan diplomatik dengan negara-negara tetangganya seperti Tiongkok dan Jepang. Artikel ini akan membahas sejarah berdiri negara Korea dari zaman kuno hingga masa kini.

Zaman Kuno

Sejarah Korea dimulai pada tahun 2333 SM dengan legenda berdirinya kerajaan Gojoseon. Menurut legenda, kerajaan Gojoseon didirikan oleh Dangun, cucu dari dewa bulan dan iblis berkepala anjing. Kerajaan ini berkembang pesat dan menjadi salah satu kerajaan terkuat di Asia Timur pada saat itu.

Pada abad ke-2 SM, kerajaan Gojoseon jatuh ke tangan pasukan Tiongkok dan kemudian digantikan oleh kerajaan Goguryeo yang didirikan pada tahun 37 SM di wilayah utara Korea. Goguryeo berkembang pesat dan berhasil mengalahkan pasukan Tiongkok dalam beberapa pertempuran. Pada abad ke-4 M, kerajaan Goguryeo digabungkan dengan kerajaan Baekje dan Silla untuk membentuk Tiga Kerajaan Korea.

Masa Silla Bersatu

Pada abad ke-7 M, kerajaan Silla berhasil menyatukan Tiga Kerajaan Korea dan membentuk negara Silla Bersatu. Pada masa ini, Silla berhasil memperluas wilayahnya dan menguasai sebagian besar semenanjung Korea. Selama masa Silla Bersatu, budaya dan seni Korea berkembang pesat dan beberapa penemuan seperti pembuatan kertas dan pencetakan huruf Hangul dibuat.

Dinasti Goryeo

Pada abad ke-10 M, Silla Bersatu digulingkan oleh Dinasti Goryeo yang didirikan pada tahun 918 M. Dinasti Goryeo merupakan salah satu dinasti terkuat di Asia Timur pada saat itu dan berhasil memperluas wilayahnya hingga ke Manchuria dan Mongolia. Selama masa Dinasti Goryeo, seni dan sastra Korea mencapai puncaknya dan beberapa karya sastra seperti “Journey to the West” dan “The Tale of Hong Gildong” menjadi terkenal hingga masa kini.

Dinasti Joseon

Pada abad ke-14 M, Dinasti Goryeo digulingkan oleh Dinasti Joseon yang didirikan pada tahun 1392 M oleh Raja Taejo. Dinasti Joseon berhasil memperluas wilayahnya hingga ke wilayah yang sekarang merupakan bagian dari Manchuria, Mongolia, dan Rusia. Pada masa ini, seni dan sastra Korea terus berkembang dan beberapa karya seperti “The Story of Chunhyang” dan “The Story of Simcheong” menjadi terkenal.

Pendudukan Jepang

Pada awal abad ke-20 M, Korea diduduki oleh Jepang selama 35 tahun. Selama masa pendudukan, Jepang melakukan kebijakan kolonial dan melakukan pemaksaan terhadap budaya dan bahasa Korea. Namun, pada tahun 1945, Jepang menyerah dan Korea merdeka.

Perang Korea

Pada tahun 1950, Korea Utara menyerang Korea Selatan dan memicu Perang Korea. Perang ini berlangsung selama tiga tahun dan berakhir dengan perjanjian gencatan senjata pada tahun 1953. Setelah perang, Korea Selatan dan Korea Utara menjadi dua negara yang terpisah dan memiliki sistem pemerintahan yang berbeda.

Korea Selatan Masa Kini

Setelah Perang Korea, Korea Selatan mengalami kemajuan ekonomi dan sosial yang pesat. Pada tahun 1988, Korea Selatan berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade Seoul yang berhasil memperkenalkan negara Korea ke seluruh dunia. Korea Selatan juga menjadi salah satu negara terkemuka dalam bidang teknologi dan hiburan.

Kesimpulan

Sejarah berdiri negara Korea memiliki banyak peristiwa penting yang membentuk sejarah dan budaya Korea hingga masa kini. Dari legenda berdirinya kerajaan Gojoseon hingga kemajuan ekonomi dan sosial Korea Selatan masa kini, negara Korea telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Sejarah ini menjadi bukti bahwa negara Korea memiliki budaya yang kaya dan sejarah yang panjang yang patut diapresiasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *