General

Sejarah Berdiri Perusahaan Seagate

×

Sejarah Berdiri Perusahaan Seagate

Share this article

Perusahaan Seagate merupakan salah satu perusahaan penyedia solusi penyimpanan data digital terkemuka di dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1979 di California, Amerika Serikat. Sejarah berdiri perusahaan Seagate diawali dengan keinginan para ahli teknologi di bidang penyimpanan data untuk menciptakan teknologi hard disk drive yang lebih baik dan lebih handal.

Pendiri Perusahaan Seagate

Perusahaan Seagate didirikan oleh Al Shugart, Tom Mitchell, Doug Mahon, Finis Conner, Syed Iftikar, dan John Tate. Al Shugart adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam sejarah berdirinya perusahaan Seagate. Ia adalah salah satu perancang pertama hard disk drive di dunia dan juga salah satu pendiri perusahaan disk drive pertama, yakni Shugart Associates.

Pada tahun 1973, Shugart Associates memperkenalkan disk drive pertama mereka yang diberi nama “Shugart SA1000”. Disk drive ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 5 megabyte dan merupakan inovasi besar dalam teknologi penyimpanan data. Namun, pada tahun 1974, Shugart Associates mengalami masalah keuangan dan akhirnya diakuisisi oleh Xerox Corporation.

Setelah kejadian itu, Al Shugart dan sejumlah karyawannya memutuskan untuk keluar dari Shugart Associates dan membentuk perusahaan baru yang diberi nama Seagate Technology pada tahun 1979.

Pertumbuhan Perusahaan Seagate

Seagate Technology tumbuh pesat pada awal tahun 1980-an. Perusahaan ini berhasil mengembangkan teknologi hard disk drive yang lebih baik dan lebih murah dibandingkan dengan produk-produk sejenis yang ada di pasaran. Hal ini membuat Seagate Technology menjadi pilihan utama bagi banyak produsen komputer di dunia.

Pada tahun 1983, Seagate Technology memperkenalkan hard disk drive pertamanya yang memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 5,25 inci dan mampu menyimpan data sebanyak 5 megabyte. Produk ini menjadi sangat populer dan menjadi produk andalan Seagate Technology selama beberapa tahun ke depan.

Pada tahun 1990-an, Seagate Technology terus mengembangkan teknologi hard disk drive yang lebih canggih dan lebih handal. Pada tahun 1992, perusahaan ini memperkenalkan hard disk drive pertamanya yang menggunakan teknologi SCSI. Produk ini menjadi sangat populer di kalangan pengguna komputer profesional karena kecepatan transfer data yang sangat tinggi.

Ekspansi Bisnis Perusahaan Seagate

Pada tahun 1996, Seagate Technology memutuskan untuk memperluas bisnisnya dengan mengakuisisi Conner Peripherals, sebuah perusahaan penyedia solusi penyimpanan data yang berbasis di San Jose, California. Dengan akuisisi ini, Seagate Technology berhasil mengembangkan bisnisnya ke luar Amerika Serikat dan masuk ke pasar internasional.

Pada tahun 2000, Seagate Technology kembali melakukan ekspansi bisnis dengan mengakuisisi perusahaan disk drive asal Prancis, yakni LaCie. Setelah mengakuisisi LaCie, Seagate Technology berhasil memperluas jangkauan bisnisnya ke pasar Eropa dan memperkuat posisinya sebagai salah satu pemimpin di industri penyimpanan data.

Perkembangan Terbaru Perusahaan Seagate

Hingga saat ini, Seagate Technology terus berkembang pesat dan menjadi salah satu perusahaan penyedia solusi penyimpanan data terkemuka di dunia. Perusahaan ini memiliki lebih dari 50.000 karyawan yang tersebar di seluruh dunia dan memiliki pusat penelitian dan pengembangan di Amerika Serikat, Inggris, dan Singapura.

Seagate Technology terus melakukan inovasi dan pengembangan produk untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin berkembang dan semakin kompleks. Perusahaan ini juga berkomitmen untuk memperluas bisnisnya ke luar industri penyimpanan data, seperti teknologi cloud dan Internet of Things (IoT).

Kesimpulan

Sejarah berdiri perusahaan Seagate dimulai pada tahun 1979 ketika Al Shugart dan sejumlah karyawannya membentuk perusahaan baru yang diberi nama Seagate Technology. Perusahaan ini tumbuh pesat pada awal tahun 1980-an dan berhasil mengembangkan teknologi hard disk drive yang lebih baik dan lebih murah dibandingkan dengan produk-produk sejenis yang ada di pasaran.

Seagate Technology terus berkembang pesat dan melakukan ekspansi bisnis ke luar Amerika Serikat. Perusahaan ini kini memiliki lebih dari 50.000 karyawan yang tersebar di seluruh dunia dan menjadi salah satu pemimpin di industri penyimpanan data. Seagate Technology terus melakukan inovasi dan pengembangan produk untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin berkembang dan semakin kompleks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *