General

Sejarah Negara Myanmar Lengkap

×

Sejarah Negara Myanmar Lengkap

Share this article

Myanmar, sebelumnya dikenal dengan nama Burma, adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan keindahan alamnya serta budaya yang kaya. Sejarah negara Myanmar sangatlah panjang dan penuh dengan kejadian penting yang membentuk negara ini seperti yang kita kenal sekarang. Berikut adalah sejarah negara Myanmar lengkap.

Masa Prasejarah

Masa prasejarah di Myanmar dimulai sekitar 11.000 tahun yang lalu. Peninggalan-peninggalan seperti lukisan gua dan alat-alat batu telah ditemukan di berbagai tempat di Myanmar. Pada masa prasejarah, penduduk Myanmar hidup sebagai pemburu-pengumpul dan juga bercocok tanam.

Kerajaan Pagan

Pada abad ke-9, Kerajaan Pagan didirikan di Myanmar. Kerajaan ini terkenal dengan candi-candi Budha yang indah dan menjadi pusat kegiatan keagamaan dan budaya. Pada masa itu, bahasa Pali dan Sanskerta menjadi bahasa utama di Myanmar.

Kerajaan Toungoo

Pada abad ke-16, Kerajaan Toungoo menguasai Myanmar. Raja Toungoo berhasil menyatukan seluruh Myanmar dan menjadi raja pertama yang memerintah dari ibu kota di Yangon. Pada masa itu, perdagangan dengan Eropa semakin meningkat dan membawa dampak positif bagi perekonomian Myanmar.

Kolonialisasi dan Kemerdekaan

Pada abad ke-19, Inggris mulai menguasai Myanmar dan menjadikannya sebagai koloni mereka. Selama 60 tahun, Myanmar diperintah oleh Inggris dan mengalami banyak perubahan. Pada tahun 1948, Myanmar memproklamirkan kemerdekaannya dari Inggris dan menjadi negara merdeka.

Pemerintahan Militer dan Demokrasi

Pada tahun 1962, pemerintahan militer mengambil alih kekuasaan di Myanmar. Selama hampir 50 tahun, Myanmar diperintah oleh pemerintahan militer yang otoriter dan banyak melanggar hak asasi manusia. Pada tahun 2011, pemerintahan militer memberikan kekuasaan kepada pemerintahan sipil yang dipimpin oleh Presiden Thein Sein. Pada tahun 2015, Myanmar mengadakan pemilihan umum yang berlangsung dengan damai dan menandai masuknya era demokrasi di Myanmar.

Konflik Etnis dan Rohingya

Selama bertahun-tahun, Myanmar telah mengalami konflik etnis yang berkepanjangan. Konflik ini terutama melibatkan kelompok etnis minoritas yang tidak merasa diakui oleh pemerintah dan sering mengalami diskriminasi. Selain itu, konflik Rohingya juga menjadi isu yang kontroversial di Myanmar. Rohingya adalah kelompok etnis minoritas Muslim yang tinggal di wilayah Rakhine dan seringkali mengalami kekerasan dan diskriminasi dari pemerintah dan kelompok etnis mayoritas.

Kesimpulan

Dari masa prasejarah hingga saat ini, sejarah negara Myanmar telah mencatat banyak peristiwa penting yang membentuk negara ini seperti yang kita kenal sekarang. Meski mengalami banyak perubahan dan tantangan, Myanmar tetap menjadi negara yang kaya akan budaya dan keindahan alamnya. Semoga dengan semakin stabilnya politik dan ekonomi di Myanmar, negara ini dapat terus berkembang dan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi rakyatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *