General

Sekilas Tentang Megawati Soekarnoputri

×

Sekilas Tentang Megawati Soekarnoputri

Share this article

Megawati Soekarnoputri adalah seorang politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai Presiden Indonesia pada periode 2001-2004. Ia adalah putri dari Presiden Indonesia pertama, Soekarno. Megawati lahir pada tanggal 23 Januari 1947 di Yogyakarta.

Riwayat Hidup

Megawati mengenyam pendidikan di Universitas Padjajaran, Bandung dan berhasil meraih gelar Sarjana Sosial Politik pada tahun 1970. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia dan meraih gelar Magister Ilmu Sosial pada tahun 1978.

Sebelum terjun ke dunia politik, Megawati lebih dulu berkarir sebagai pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia. Kemudian pada tahun 1987, ia terjun ke dunia politik dengan bergabung ke Partai Demokrasi Indonesia (PDI).

Masa Jabatan di PDI

Pada tahun 1993, Megawati terpilih sebagai Ketua Umum PDI setelah berhasil mengalahkan Soerjadi Soedirdja dalam pemilihan Ketua Umum. Namun, pada tahun 1996, ia dicopot dari jabatannya oleh pemerintah Orde Baru yang saat itu dipimpin oleh Soeharto.

Penurunan Megawati dari jabatannya di PDI mengundang protes dari rakyat Indonesia. Protes tersebut akhirnya memuncak pada peristiwa Tragedi Semanggi pada tahun 1998 yang menewaskan puluhan mahasiswa dan menyebabkan Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Indonesia.

Masa Jabatan sebagai Presiden

Pada tahun 1999, Megawati kembali terpilih sebagai Ketua Umum PDI dan berhasil memimpin partai tersebut dalam pemilihan umum pada tahun 1999 yang menandai berakhirnya era Orde Baru. Setelah terpilih sebagai Wakil Presiden pada tahun 1999, ia kemudian menjadi Presiden Indonesia pada tahun 2001 setelah Abdurrahman Wahid dicopot dari jabatannya.

Selama masa jabatannya sebagai Presiden, Megawati dihadapkan pada berbagai tantangan seperti terorisme dan krisis ekonomi global. Namun, ia juga berhasil mencapai beberapa pencapaian seperti mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan pendapatan per kapita.

Masa Jabatan Pasca-Presiden

Setelah masa jabatannya sebagai Presiden berakhir pada tahun 2004, Megawati kembali terpilih sebagai Ketua Umum PDI pada tahun 2005 dan memimpin partai tersebut hingga saat ini. Selain itu, ia juga aktif dalam berbagai organisasi seperti Dewan Syuro PKB dan Dewan Penasehat BPP HIPMI.

Megawati juga tercatat sebagai salah satu tokoh yang berjuang untuk menjaga keutuhan negara Indonesia. Ia antara lain menentang referendum di Timor-Timur dan berjuang untuk mempertahankan wilayah Papua sebagai bagian dari Indonesia.

Kesimpulan

Megawati Soekarnoputri adalah seorang politikus Indonesia yang telah berkontribusi dalam membangun bangsa Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Presiden Indonesia dan berhasil mencapai beberapa pencapaian selama masa jabatannya. Meskipun kini telah tidak menjabat sebagai Presiden, Megawati tetap aktif dalam berbagai organisasi dan menjadi salah satu tokoh yang dihormati di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *