General

Sejarah Tentang Negara Uni Soviet

×

Sejarah Tentang Negara Uni Soviet

Share this article

Negara Uni Soviet atau yang dikenal dengan nama Soviet, adalah negara sosialis yang berdiri dari tahun 1922 hingga 1991. Negara ini terletak di Eurasia dan pernah menjadi kekuatan besar di dunia internasional. Sejarah Uni Soviet terdiri dari banyak peristiwa penting yang mempengaruhi dunia hingga saat ini.

Pembentukan Uni Soviet

Pada tahun 1917, Revolusi Bolshevik menggulingkan pemerintahan Tsarist Rusia. Setelah itu, kekuasaan dipegang oleh Partai Bolshevik yang dipimpin oleh Vladimir Lenin. Pada tahun 1922, Rusia, Belarus, Ukraina, dan Transcaucasia (Georgia, Armenia, dan Azerbaijan) bergabung untuk membentuk Uni Soviet.

Pembentukan Uni Soviet bertujuan untuk mengakhiri sistem kapitalisme dan mengadopsi sistem sosialis. Di bawah kepemimpinan Lenin dan Joseph Stalin, Uni Soviet menjadi negara yang berfokus pada pembangunan industri dan pertanian. Selama masa ini, Uni Soviet mengalami kemajuan pesat dalam bidang ekonomi dan teknologi.

Perang Dunia II

Pada tahun 1941, Uni Soviet diserang oleh Jerman Nazi selama Perang Dunia II. Serangan ini memicu Perang Patriotik Besar di Uni Soviet yang berlangsung selama empat tahun. Meskipun mengalami kerugian besar-besaran, Uni Soviet berhasil mengalahkan Jerman Nazi dan menjadi negara yang paling berpengaruh dalam kemenangan Sekutu.

Masa Kepemimpinan Nikita Khrushchev

Pada tahun 1953, Joseph Stalin meninggal dunia dan digantikan oleh Nikita Khrushchev sebagai pemimpin Uni Soviet. Masa kepemimpinan Khrushchev ditandai dengan perubahan dalam kebijakan internal dan eksternal Uni Soviet.

Khrushchev mengadopsi kebijakan “Destalinisasi” yang bertujuan untuk menghapus kebijakan-kebijakan Stalin yang dianggap tidak sesuai dengan visi dan misi Uni Soviet. Selain itu, Khrushchev juga memperkenalkan kebijakan “Koeksistensi Damai” dengan negara-negara Barat, seperti Amerika Serikat.

Uni Soviet di Bawah Kepemimpinan Leonid Brezhnev

Pada tahun 1964, Khrushchev dijatuhkan dari jabatannya oleh Leonid Brezhnev. Masa kepemimpinan Brezhnev ditandai dengan kebijakan-kebijakan yang lebih konservatif dan otoriter daripada masa Khrushchev.

Brezhnev juga memperkenalkan doktrin “Bendera Merah” yang bertujuan untuk melindungi negara-negara sosialis dan mengekspansi pengaruh Uni Soviet di seluruh dunia. Selain itu, Brezhnev juga memperkuat hubungan dengan negara-negara sosialis lainnya, seperti Tiongkok dan Kuba.

Masa Kepemimpinan Mikhail Gorbachev

Pada tahun 1985, Mikhail Gorbachev diangkat sebagai pemimpin Uni Soviet. Masa kepemimpinan Gorbachev ditandai dengan perubahan besar dalam kebijakan domestik dan internasional Uni Soviet.

Gorbachev memperkenalkan kebijakan “Glasnost” dan “Perestroika” yang bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan reformasi ekonomi. Selain itu, Gorbachev juga menghapus doktrin “Bendera Merah” dan menarik pasukan Soviet dari Afghanistan.

Kehancuran Uni Soviet

Pada tahun 1991, Uni Soviet mengalami krisis ekonomi dan politik yang parah. Hal ini memicu pembentukan negara-negara merdeka di wilayah Uni Soviet, seperti Belarus, Ukraina, dan Kazakhstan. Pada tanggal 25 Desember 1991, Uni Soviet secara resmi bubar dan digantikan oleh Federasi Rusia.

Kesimpulan

Sejarah Uni Soviet adalah salah satu sejarah yang paling penting dan berpengaruh dalam dunia internasional. Meskipun tidak lagi ada, warisan Uni Soviet tetap terasa dalam politik, budaya, dan ekonomi di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *