General

Spesifikasi Lengkap 11 Uang Baru 2017 dan Alasan Mengapa Diganti Baru

×

Spesifikasi Lengkap 11 Uang Baru 2017 dan Alasan Mengapa Diganti Baru

Share this article

Pada tahun 2017, Bank Indonesia mengeluarkan uang baru dengan spesifikasi yang lebih modern dan canggih dibandingkan dengan uang lama. Terdapat 11 jenis uang baru yang dikeluarkan, yaitu:

1. Uang Kertas Rp. 1.000,-

Uang kertas Rp. 1.000,- yang baru memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan uang kertas lama. Selain itu, terdapat gambar pahlawan nasional Cut Nyak Dien pada bagian depan uang dan gambar rumah adat Aceh pada bagian belakang uang.

2. Uang Kertas Rp. 2.000,-

Uang kertas Rp. 2.000,- yang baru memiliki ukuran yang sama dengan uang kertas lama. Pada bagian depan uang terdapat gambar pahlawan nasional KH. Hasyim Asy’ari, sementara pada bagian belakang uang terdapat gambar Masjid Istiqlal.

3. Uang Kertas Rp. 5.000,-

Uang kertas Rp. 5.000,- yang baru memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan uang kertas lama. Terdapat gambar pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai pada bagian depan uang dan gambar Pura Ulun Danu Bratan pada bagian belakang uang.

4. Uang Kertas Rp. 10.000,-

Uang kertas Rp. 10.000,- yang baru memiliki ukuran yang sama dengan uang kertas lama. Pada bagian depan uang terdapat gambar pahlawan nasional Frans Kaisiepo, sementara pada bagian belakang uang terdapat gambar Candi Prambanan.

5. Uang Kertas Rp. 20.000,-

Uang kertas Rp. 20.000,- yang baru memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan uang kertas lama. Terdapat gambar pahlawan nasional Jenderal TNI (Purn) Raden Soedirman pada bagian depan uang dan gambar Candi Borobudur pada bagian belakang uang.

6. Uang Kertas Rp. 50.000,-

Uang kertas Rp. 50.000,- yang baru memiliki ukuran yang sama dengan uang kertas lama. Pada bagian depan uang terdapat gambar pahlawan nasional Jenderal Besar TNI (Anumerta) Soedirman, sementara pada bagian belakang uang terdapat gambar Tari Nusantara.

7. Uang Kertas Rp. 100.000,-

Uang kertas Rp. 100.000,- yang baru memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan uang kertas lama. Terdapat gambar pahlawan nasional RA. Kartini pada bagian depan uang dan gambar Candi Ratu Boko pada bagian belakang uang.

8. Uang Logam Rp. 1.000,-

Uang logam Rp. 1.000,- yang baru memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan uang logam lama. Terdapat gambar pahlawan nasional Cut Nyak Dien dan gambar rumah adat Aceh pada bagian depan uang, sementara pada bagian belakang uang terdapat gambar padi dan kapas.

9. Uang Logam Rp. 2.000,-

Uang logam Rp. 2.000,- yang baru memiliki ukuran yang sama dengan uang logam lama. Pada bagian depan uang terdapat gambar pahlawan nasional KH. Hasyim Asy’ari, sementara pada bagian belakang uang terdapat gambar Masjid Istiqlal.

10. Uang Logam Rp. 5.000,-

Uang logam Rp. 5.000,- yang baru memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan uang logam lama. Terdapat gambar pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai pada bagian depan uang dan gambar Pura Ulun Danu Bratan pada bagian belakang uang.

11. Uang Logam Rp. 10.000,-

Uang logam Rp. 10.000,- yang baru memiliki ukuran yang sama dengan uang logam lama. Pada bagian depan uang terdapat gambar pahlawan nasional Frans Kaisiepo, sementara pada bagian belakang uang terdapat gambar Candi Prambanan.

Alasan Mengapa Uang Baru Dikeluarkan

Bank Indonesia mengeluarkan uang baru dengan spesifikasi yang lebih modern dan canggih untuk meminimalisir pemalsuan uang dan meningkatkan daya tahan uang. Selain itu, uang baru juga dirancang dengan gambar pahlawan nasional dan budaya Indonesia untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap bangsa dan negara.

Dengan adanya uang baru yang lebih modern dan canggih, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan. Selain itu, uang baru juga dapat menjadi objek koleksi bagi para kolektor uang kuno.

Dalam melindungi uang baru, Bank Indonesia juga memberikan tips agar uang baru tetap awet dan tidak rusak. Beberapa tips tersebut antara lain tidak merobek uang, menjaga kebersihan uang, dan menyimpan uang di tempat yang aman dan tidak lembab.

Kesimpulan

Uang baru dengan spesifikasi yang lebih modern dan canggih telah dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2017. Terdapat 11 jenis uang baru yang dikeluarkan, yaitu uang kertas Rp. 1.000,-, Rp. 2.000,-, Rp. 5.000,-, Rp. 10.000,-, Rp. 20.000,-, Rp. 50.000,-, dan Rp. 100.000,-, serta uang logam Rp. 1.000,-, Rp. 2.000,-, Rp. 5.000,-, dan Rp. 10.000,-.

Uang baru tersebut memiliki spesifikasi yang lebih modern dan canggih dibandingkan dengan uang lama, serta dirancang dengan gambar pahlawan nasional dan budaya Indonesia. Uang baru tersebut diharapkan dapat meminimalisir pemalsuan uang, meningkatkan daya tahan uang, serta memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan.

Bank Indonesia juga memberikan tips agar uang baru tetap awet dan tidak rusak, seperti tidak merobek uang, menjaga kebersihan uang, dan menyimpan uang di tempat yang aman dan tidak lembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *