General

Susunan Kabinet Indonesia Bersatu II

×

Susunan Kabinet Indonesia Bersatu II

Share this article

Setelah dilantik pada Oktober 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan susunan kabinet Indonesia Bersatu II pada 23 Oktober 2019. Susunan kabinet ini terdiri dari 34 menteri dan pejabat setingkat menteri.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dijabat oleh Mahfud MD. Ia merupakan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi dan mantan Menteri Pertahanan RI.

Mahfud MD bertugas dalam memastikan kestabilan politik, hukum, dan keamanan di Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan fungsi lembaga-lembaga negara terkait bidang politik, hukum, dan keamanan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dijabat oleh Airlangga Hartarto. Ia merupakan mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI.

Airlangga Hartarto bertugas dalam mengkoordinasikan kebijakan ekonomi nasional. Ia juga bertanggung jawab dalam memperkuat sektor industri dan meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dijabat oleh Luhut Binsar Pandjaitan. Ia merupakan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan mantan Menteri Perdagangan RI.

Luhut Binsar Pandjaitan bertugas dalam mengkoordinasikan kebijakan kemaritiman dan investasi. Ia juga bertanggung jawab dalam memperkuat sektor pariwisata dan meningkatkan daya saing investasi di Indonesia.

Menteri Dalam Negeri

Menteri Dalam Negeri dijabat oleh Tito Karnavian. Ia merupakan mantan Kapolri dan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Tito Karnavian bertugas dalam memastikan keamanan dan ketertiban di dalam negeri. Ia juga bertanggung jawab dalam mengawasi pelaksanaan pemerintahan daerah dan memajukan kualitas pelayanan publik.

Menteri Luar Negeri

Menteri Luar Negeri dijabat oleh Retno Marsudi. Ia merupakan mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda.

Retno Marsudi bertugas dalam menjalankan hubungan luar negeri Indonesia dengan negara-negara lain. Ia juga bertanggung jawab dalam melindungi kepentingan nasional dan memajukan diplomasi Indonesia di dunia internasional.

Menteri Pertahanan

Menteri Pertahanan dijabat oleh Prabowo Subianto. Ia merupakan mantan Panglima TNI dan mantan Ketua Umum Partai Gerindra.

Prabowo Subianto bertugas dalam mempertahankan kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam meningkatkan kemampuan pertahanan nasional dan memperkuat aliansi militer dengan negara-negara lain.

Menteri Keuangan

Menteri Keuangan dijabat oleh Sri Mulyani Indrawati. Ia merupakan mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia dan mantan Menteri Keuangan RI.

Sri Mulyani Indrawati bertugas dalam mengelola keuangan negara dan mengawasi pelaksanaan kebijakan fiskal. Ia juga bertanggung jawab dalam meningkatkan penerimaan negara dan mengendalikan pengeluaran negara.

Menteri Perhubungan

Menteri Perhubungan dijabat oleh Budi Karya Sumadi. Ia merupakan mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II.

Budi Karya Sumadi bertugas dalam meningkatkan konektivitas dan mobilitas masyarakat Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam mengembangkan infrastruktur transportasi dan meningkatkan keselamatan transportasi di Indonesia.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional dijabat oleh Sofyan Djalil. Ia merupakan mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dan mantan Menteri Negara BUMN.

Sofyan Djalil bertugas dalam mengelola sumber daya alam dan ruang di Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam meningkatkan pemanfaatan lahan dan pelestarian lingkungan hidup di Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dijabat oleh Nadiem Makarim. Ia merupakan pendiri dan mantan CEO Gojek.

Nadiem Makarim bertugas dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembangunan karakter bangsa. Ia juga bertanggung jawab dalam memajukan kebudayaan dan seni di Indonesia.

Menteri Kesehatan

Menteri Kesehatan dijabat oleh Terawan Agus Putranto. Ia merupakan mantan Kepala Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Terawan Agus Putranto bertugas dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam memperkuat sistem kesehatan nasional dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan di Indonesia.

Menteri Sosial

Menteri Sosial dijabat oleh Juliari Batubara. Ia merupakan mantan Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan mantan Wakil Ketua DPR RI.

Juliari Batubara bertugas dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan perlindungan sosial bagi masyarakat Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam memperkuat jaringan pengaman sosial dan memajukan pemberdayaan masyarakat.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dijabat oleh Arifin Tasrif. Ia merupakan mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Arifin Tasrif bertugas dalam mengelola sumber daya energi dan mineral di Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam meningkatkan efisiensi energi dan memperkuat ketahanan energi nasional.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dijabat oleh Siti Nurbaya Bakar. Ia merupakan mantan Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLHD) Sumatera Selatan.

Siti Nurbaya Bakar bertugas dalam melestarikan lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati di Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya hutan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar hutan.

Menteri Kelautan dan Perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan dijabat oleh Edhy Prabowo. Ia merupakan mantan Anggota DPR RI dan mantan Ketua Umum Partai Gerindra DKI Jakarta.

Edhy Prabowo bertugas dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan di Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan dan memperkuat pengawasan dan penegakan hukum di sektor kelautan dan perikanan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dijabat oleh Wishnutama Kusubandio. Ia merupakan mantan CEO NET TV dan mantan Direktur Utama PT Indosiar Visual Mandiri.

Wishnutama Kusubandio bertugas dalam mempromosikan pariwisata dan meningkatkan ekonomi kreatif di Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam memajukan industri kreatif dan memperkuat branding pariwisata Indonesia di dunia internasional.

Menteri Komunikasi dan Informatika

Menteri Komunikasi dan Informatika dijabat oleh Johnny G. Plate. Ia merupakan mantan Anggota DPR RI dan mantan CEO Telkom Indonesia.

Johnny G. Plate bertugas dalam meningkatkan konektivitas dan akses informasi masyarakat Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam memperkuat infrastruktur telekomunikasi dan memajukan industri teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.

Menteri Perdagangan

Menteri Perdagangan dijabat oleh Agus Suparmanto. Ia merupakan mantan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan mantan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero).

Agus Suparmanto bertugas dalam memperkuat perdagangan nasional dan memajukan ekspor Indonesia di pasar internasional. Ia juga bertanggung jawab dalam melindungi kepentingan konsumen dan memperkuat regulasi perdagangan di Indonesia.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dijabat oleh Basuki Hadimuljono. Ia merupakan mantan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

Basuki Hadimuljono bertugas dalam mengembangkan infrastruktur jalan, jembatan, dan transportasi di Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam memperkuat peningkatan akses perumahan dan pemukiman bagi masyarakat Indonesia.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dijabat oleh Teten Masduki. Ia merupakan mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Teten Masduki bertugas dalam memperkuat sektor koperasi dan usaha kecil menengah di Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam meningkatkan kualitas pengembangan wirausaha dan pemberdayaan masyarakat di wilayah pedesaan.

Menteri Tenaga Kerja

Menteri Tenaga Kerja dijabat oleh Ida Fauziyah. Ia merupakan mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (NU).

Ida Fauziyah bertugas dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja dan memperkuat perlindungan hak-hak tenaga kerja di Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam memperkuat hubungan kerja antara pekerja dan pengusaha di Indonesia.

Menteri Agama

Menteri Agama dijabat oleh Fachrul Razi. Ia merupakan mantan Wakil Gubernur Aceh dan mantan Ketua Umum Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti).

Fachrul Razi bertugas dalam memperkuat kerukunan umat beragama di Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam mengawasi pelaksanaan ibadah dan meningkatkan kualitas pendidikan agama di Indonesia.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dijabat oleh Yasonna Laoly. Ia merupakan mantan Anggota DPR RI dan mantan Ketua Umum Partai Hanura.

Yasonna Laoly bertugas dalam menjalankan fungsi hukum dan memperkuat perlindungan hak asasi manusia di Indonesia. Ia juga bertanggung jawab dalam memperkuat sistem per

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *