General

Syarat KPR Subsidi BTN: Cara Membeli Rumah dengan Biaya Terjangkau

×

Syarat KPR Subsidi BTN: Cara Membeli Rumah dengan Biaya Terjangkau

Share this article

Jika Anda ingin membeli rumah dengan biaya terjangkau, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi BTN bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, sebelum mengajukan KPR subsidi BTN, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa syarat KPR subsidi BTN yang perlu Anda ketahui:

1. Warga Negara Indonesia

Untuk bisa mengajukan KPR subsidi BTN, Anda harus menjadi warga negara Indonesia yang mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jika Anda belum mempunyai KTP, segera daftar dan buat KTP terlebih dahulu.

2. Belum Memiliki Rumah

Syarat KPR subsidi BTN selanjutnya adalah calon penerima KPR subsidi BTN belum pernah mempunyai rumah baik milik sendiri, orang tua, atau keluarga inti. Hal ini wajib diperhatikan karena KPR subsidi BTN hanya diberikan untuk pembelian rumah pertama kali.

3. Penghasilan Tidak Melebihi Batas

Batas maksimal penghasilan untuk mengajukan KPR subsidi BTN adalah Rp 7 juta per bulan. Jika penghasilan Anda melebihi batas tersebut, maka Anda tidak bisa mengajukan KPR subsidi BTN.

4. Tidak Terdaftar Sebagai Penerima Bantuan Pemerintah Lainnya

Calon penerima KPR subsidi BTN tidak boleh terdaftar sebagai penerima bantuan pemerintah lainnya seperti rumah susun, rumah sehat, atau rumah layak huni lainnya. Jika Anda sudah menerima bantuan tersebut, maka Anda tidak bisa mengajukan KPR subsidi BTN.

5. Mampu Membayar Uang Muka

Uang muka atau down payment (DP) untuk KPR subsidi BTN sebesar 5% dari harga rumah. Artinya, jika harga rumah yang ingin dibeli sebesar Rp 200 juta, maka uang muka yang harus dibayarkan sebesar Rp 10 juta. Anda harus mempunyai dana tersebut untuk bisa mengajukan KPR subsidi BTN.

6. Memenuhi Persyaratan Dokumen

Calon penerima KPR subsidi BTN harus memenuhi persyaratan dokumen seperti KTP, Surat Nikah, Surat Keterangan Belum Memiliki Rumah, Surat Keterangan Penghasilan, dan dokumen lainnya yang diminta oleh pihak BTN. Pastikan dokumen yang Anda berikan lengkap dan valid sehingga proses pengajuan KPR subsidi BTN bisa berjalan lancar.

7. Rumah Berada di Wilayah yang Ditentukan

KPR subsidi BTN hanya bisa digunakan untuk membeli rumah yang berada di wilayah yang telah ditentukan oleh pihak BTN. Pastikan rumah yang ingin Anda beli berada di wilayah yang sesuai dengan ketentuan dari BTN.

8. Siap Mengikuti Program Wajib Baca Al-Quran

Program wajib baca Al-Quran menjadi salah satu syarat KPR subsidi BTN. Calon penerima KPR subsidi BTN harus bersedia mengikuti program tersebut selama 1 tahun sejak rumah diterima. Program ini bertujuan untuk membentuk karakter masyarakat yang lebih baik.

9. Mengikuti Pelatihan Manajemen Keuangan

Calon penerima KPR subsidi BTN juga harus mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh BTN. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan sehingga calon penerima KPR subsidi BTN bisa memenuhi kewajiban membayar cicilan KPR subsidi BTN dengan baik.

10. Mampu Membayar Cicilan KPR Subsidi BTN

Terakhir, syarat KPR subsidi BTN adalah calon penerima KPR subsidi BTN harus mampu membayar cicilan KPR subsidi BTN. Pastikan penghasilan Anda cukup untuk membayar cicilan KPR subsidi BTN setiap bulannya. Jangan sampai terlilit hutang karena tidak mampu membayar cicilan KPR subsidi BTN.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa syarat KPR subsidi BTN yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan KPR subsidi BTN. Pastikan Anda memenuhi semua syarat yang telah ditentukan agar pengajuan KPR subsidi BTN bisa disetujui oleh pihak BTN. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *