Vivo

Test Point Vivo Y15s: Cara Mengatasi Bootloop dan Matot

×

Test Point Vivo Y15s: Cara Mengatasi Bootloop dan Matot

Share this article

Jika Anda pengguna Vivo Y15s dan mengalami masalah bootloop (terjebak di logo Vivo) atau matot (mati total), maka salah satu solusinya adalah dengan melakukan test point. Test point adalah proses memperbaiki perangkat elektronik dengan menghubungkan titik-titik tertentu pada papan sirkuit.

Apa Itu Test Point?

Test point adalah jalur alternatif untuk memasuki mode download atau recovery pada perangkat Android. Pada Vivo Y15s, test point terletak di bagian belakang dekat baterai. Ada dua titik yang harus dihubungkan menggunakan kabel jumper atau pinset.

Test point biasanya digunakan untuk memperbaiki masalah pada ponsel yang tidak bisa masuk ke mode download atau recovery melalui tombol kombinasi. Dengan menghubungkan kedua titik tersebut, ponsel akan masuk ke mode download atau recovery tanpa harus menekan tombol tertentu.

Cara Melakukan Test Point pada Vivo Y15s

Sebelum melakukan test point, pastikan baterai Vivo Y15s Anda terlebih dahulu terlepas. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka casing belakang Vivo Y15s dengan hati-hati.
  2. Cari titik test point yang terletak di sebelah kanan baterai. Titik-titik tersebut berupa dua buah pin kecil yang menghadap ke atas.
  3. Sambungkan kedua titik test point menggunakan kabel jumper atau pinset. Pastikan kedua titik terhubung dengan baik.
  4. Sambungkan Vivo Y15s ke komputer menggunakan kabel USB.
  5. Buka program QPST/QFIL pada komputer Anda.
  6. Pilih tab “Flat Build” pada QFIL.
  7. Klik tombol “Browse” dan cari file firmware Vivo Y15s yang telah Anda unduh sebelumnya.
  8. Klik tombol “Download” dan tunggu proses flashing selesai.
  9. Setelah selesai, lepaskan kabel jumper atau pinset dari kedua titik test point.
  10. Pasang kembali baterai dan casing belakang Vivo Y15s.
  11. Nyalakan Vivo Y15s dan tunggu hingga masuk ke tampilan awal.

Dengan melakukan test point, Anda dapat memperbaiki masalah bootloop atau matot pada Vivo Y15s dengan mudah dan cepat. Namun, pastikan Anda melakukan proses ini dengan hati-hati dan teliti agar tidak terjadi kerusakan pada ponsel Anda.

Kesimpulan

Test point adalah salah satu cara untuk memperbaiki masalah bootloop atau matot pada Vivo Y15s. Dengan menghubungkan kedua titik test point menggunakan kabel jumper atau pinset, Anda dapat memasuki mode download atau recovery untuk melakukan proses flashing firmware. Namun, pastikan Anda melakukan proses ini dengan hati-hati dan teliti agar tidak terjadi kerusakan pada ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *