General

Tips Hidup Merantau di Jogja

×

Tips Hidup Merantau di Jogja

Share this article

Merantau ke Jogja merupakan salah satu pilihan yang banyak diambil oleh masyarakat Indonesia. Kota pelajar ini bukan hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan berbagai kesenian dan budaya yang kental. Bagi kamu yang baru merantau ke Jogja, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantumu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

1. Cari Tempat Tinggal yang Nyaman

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika baru merantau ke Jogja adalah mencari tempat tinggal yang nyaman. Pilihlah tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh berbagai sarana transportasi. Selain itu, pastikan juga tempat tinggal tersebut aman dan terbebas dari berbagai gangguan seperti kebisingan.

2. Cari Teman dan Bergabung dengan Komunitas

Jogja dikenal sebagai kota pelajar yang ramah dan bersahabat. Kamu dapat mencari teman-teman baru dengan bergabung dengan berbagai komunitas yang ada di Jogja. Dengan bergabung dengan komunitas, kamu dapat memperluas jaringan pertemanan, serta memperoleh informasi yang berguna mengenai lingkungan sekitar dan kebudayaan Jogja.

3. Kenali Transportasi Umum yang Ada di Jogja

Transportasi umum yang ada di Jogja sangat beragam, mulai dari angkutan kota, Trans Jogja, hingga kereta api. Sebelum memutuskan untuk menggunakan transportasi umum, pastikan kamu mengetahui rute dan jadwalnya agar tidak terlambat dan mengalami kesulitan dalam perjalanan.

4. Jangan Lupa Menjaga Kesehatan

Perubahan lingkungan dan gaya hidup yang baru dapat mempengaruhi kesehatan tubuhmu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta melakukan olahraga secara teratur. Selain itu, pastikan juga untuk selalu membawa masker dan hand sanitizer untuk menghindari terpapar penyakit.

5. Jangan Malu Bertanya

Jangan merasa malu untuk bertanya jika kamu mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Tanyakan pada teman atau orang yang sudah lebih dulu merantau ke Jogja mengenai informasi yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga dapat mencari informasi melalui internet atau pihak-pihak terkait.

6. Coba Berkomunikasi dengan Bahasa Lokal

Bahasa Jawa merupakan bahasa yang banyak digunakan oleh masyarakat Jogja. Cobalah untuk berkomunikasi dengan bahasa lokal agar kamu dapat lebih mudah berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Selain itu, kamu juga dapat belajar bahasa Jawa untuk memperkaya pengetahuanmu dan memperluas jaringan pertemanan.

7. Jangan Lupa Menjaga Etika dan Adat Istiadat

Jogja dikenal sebagai kota yang kaya akan adat istiadat dan budaya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menjaga etika dan adat istiadat ketika berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Jangan melakukan hal-hal yang dianggap tidak sopan atau merusak citra baik masyarakat Jogja.

8. Cari Tempat Belajar Bahasa Asing

Jogja merupakan kota pelajar yang banyak dihuni oleh mahasiswa dari berbagai daerah. Kamu dapat memanfaatkan situasi ini untuk mencari tempat belajar bahasa asing yang ada di Jogja. Selain itu, kamu juga dapat memperdalam pengetahuanmu mengenai bahasa asing dengan bergabung dengan komunitas atau mengikuti kursus bahasa.

9. Cari Pekerjaan Sampingan

Merantau ke Jogja tentunya memerlukan biaya yang cukup besar. Kamu dapat mencari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilanmu. Ada banyak pekerjaan sampingan yang dapat kamu lakukan di Jogja, seperti menjadi penjaga toko, menjadi pelayan restoran, atau menjadi tutor privat.

10. Jangan Lupa Menjaga Keamanan

Jogja merupakan kota yang relatif aman dan nyaman. Namun, tetap saja kamu harus tetap waspada dan menjaga keamanan diri. Hindari tempat-tempat yang dianggap berbahaya, serta selalu perhatikan barang-barang berharga yang kamu miliki.

11. Cari Tempat Belanja yang Murah Meriah

Jogja dikenal sebagai kota yang ramah di kantong. Kamu dapat mencari tempat belanja yang murah meriah untuk memenuhi kebutuhan sehari-harimu. Ada banyak pasar tradisional dan pusat perbelanjaan yang menawarkan harga yang terjangkau untuk berbagai kebutuhanmu.

12. Cari Tempat Wisata yang Terjangkau

Jogja memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, beberapa tempat wisata tersebut memerlukan biaya yang cukup besar. Kamu dapat mencari tempat wisata yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhanmu dalam berwisata.

13. Jangan Lupa Membayar Pajak Kendaraan

Jika kamu memiliki kendaraan bermotor, jangan lupa untuk membayar pajak kendaraan secara teratur. Hal ini dapat menghindarkanmu dari sanksi dan denda yang diberikan oleh pihak berwenang jika terjadi pelanggaran dalam membayar pajak kendaraan.

14. Jangan Lupa Menjaga Kebersihan

Jogja merupakan kota yang bersih dan rapi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan sekitar tempat tinggalmu. Buang sampah pada tempatnya dan hindari membuat lingkungan sekitar menjadi kotor dan tidak sehat.

15. Cari Tempat Makan yang Terjangkau

Jogja dikenal sebagai kota kuliner yang kaya akan cita rasa. Kamu dapat mencari tempat makan yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan sehari-harimu. Ada banyak warung makan dan restoran yang menawarkan harga yang terjangkau untuk berbagai jenis makanan.

16. Cari Tempat Hangout yang Nyaman

Jogja memiliki banyak tempat hangout yang nyaman dan asik untuk dikunjungi. Kamu dapat mencari tempat hangout yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Ada banyak kafe, bioskop, dan tempat hiburan lainnya yang dapat kamu kunjungi di Jogja.

17. Jangan Lupa Menjaga Kebersamaan dengan Keluarga

Meskipun kamu sedang merantau ke Jogja, jangan lupa untuk menjaga kebersamaan dengan keluarga. Selalu berkomunikasi dengan keluarga dan memberikan kabar mengenai kondisimu di Jogja.

18. Cari Tempat Olahraga yang Terjangkau

Jogja memiliki banyak tempat olahraga yang terjangkau dan mudah diakses. Kamu dapat mencari tempat olahraga yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Ada banyak gym, lapangan, dan tempat olahraga lainnya yang dapat kamu kunjungi di Jogja.

19. Jangan Lupa Menjaga Kelestarian Lingkungan

Jogja merupakan kota yang memiliki keindahan alam yang memukau. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menjaga kelestarian lingkungan. Hindari melakukan hal-hal yang dapat merusak lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan atau merusak alam.

20. Cari Tempat Belajar Musik dan Seni

Jogja dikenal sebagai kota seni yang kaya akan budaya. Kamu dapat mencari tempat belajar musik dan seni yang ada di Jogja untuk memperdalam pengetahuanmu dan memperluas bakatmu.

21. Cari Tempat Parkir yang Aman

Jika kamu memiliki kendaraan bermotor, pastikan untuk mencari tempat parkir yang aman dan terbebas dari tindak kriminalitas. Hindari memarkir kendaraan di tempat yang dianggap rawan, seperti di pinggir jalan atau di tempat yang minim penerangan.

22. Jangan Lupa Mengikuti Tradisi dan Upacara Adat

Jogja dikenal sebagai kota yang kaya akan tradisi dan upacara adat. Jangan lupa untuk mengikuti tradisi dan upacara adat yang ada di Jogja untuk memperkaya pengetahuanmu dan menghargai budaya lokal.

23. Cari Tempat Belajar Menjahit dan Kerajinan Tangan

Jogja dikenal sebagai kota kerajinan yang kaya akan seni dan budaya. Kamu dapat mencari tempat belajar menjahit dan kerajinan tangan yang ada di Jogja untuk memperdalam pengetahuanmu dan memperluas bakatmu.

24. Cari Tempat Belajar Memasak

Jogja dikenal sebagai kota kuliner yang kaya akan cita rasa. Kamu dapat mencari tempat belajar memasak yang ada di Jogja untuk memperdalam pengetahuanmu dan memperluas bakatmu dalam memasak.

25. Jangan Lupa Menjaga Kualitas Hidup

Meskipun kamu sedang merantau ke Jogja, jangan lupa untuk menjaga kualitas hidupmu. Selalu berusaha untuk hidup sehat dan produktif, serta menghindari hal-hal yang dapat merusak kualitas hidupmu.

26. Cari Tempat Belajar Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang digunakan di Indonesia. Kamu dapat mencari tempat belajar bahasa Indonesia yang ada di Jogja untuk memperdalam pengetahuanmu dan memperluas jaringan pertemananmu.

27. Jangan Lupa Menjaga Kebersihan Diri

Jogja merupakan kota yang relatif bersih dan rapi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri. Selalu mandi dan membersihkan tubuh secara teratur, serta menghindari hal-hal yang dapat merusak kesehatan dan kebersihanmu.

28. Cari Tempat Belajar IT dan Teknologi

Jogja dikenal sebagai kota pelajar yang kaya akan pengetahuan dan teknologi. Kamu dapat mencari tempat belajar IT dan teknologi yang ada di Jogja untuk memperdalam pengetahuanmu dan memperluas bakatmu.

29. Cari Tempat Belajar Fotografi

Jogja memiliki banyak tempat yang indah dan menarik untuk diabadikan dalam sebuah foto. Kamu dapat mencari tempat belajar fotografi yang ada di Jogja untuk memperdalam pengetahuanmu dan memperluas bakatmu dalam bidang fotografi.

30. Jangan Lupa Beribadah dan Menjaga Keimanan

Jogja merupakan kota yang kaya akan keberagaman agama. Jangan lupa untuk beribadah dan menjaga keimananmu meskipun kamu sedang merantau ke Jogja. Selalu mencari tempat-tempat ibadah yang nyaman dan mudah diakses, serta selalu menjaga hubunganmu dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Kesimpulan

Merantau ke Jogja memang memerlukan banyak penyesuaian dan adaptasi. Namun, dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan menikmati keindahan dan kekayaan yang dimiliki oleh kota pelajar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *