General

Tips Sehat Menggunakan Toilet Umum

×

Tips Sehat Menggunakan Toilet Umum

Share this article

Sebagai seorang individu, pasti Anda sering menggunakan toilet umum saat berada di tempat umum seperti mall, restoran, atau kantor. Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan toilet umum dapat meningkatkan risiko terkena penyakit?

Maka dari itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan tips sehat menggunakan toilet umum agar Anda terhindar dari risiko penyakit. Simak artikel berikut ini!

1. Jangan Lupa Mencuci Tangan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum dan sesudah menggunakan toilet umum adalah mencuci tangan. Gunakan sabun dan air mengalir untuk membersihkan tangan secara sempurna. Jangan lupa untuk mengeringkan tangan menggunakan handuk atau tisu kering.

2. Gunakan Alat Bantu

Untuk menghindari kontak langsung dengan toilet umum, Anda dapat menggunakan alat bantu seperti tisu atau alas duduk toilet. Hal ini akan meminimalisir risiko terkena kuman dan bakteri yang ada di toilet umum.

3. Cek Kondisi Toilet Umum

Sebelum Anda menggunakan toilet umum, pastikan untuk mengecek kondisi toilet terlebih dahulu. Pastikan toilet dalam keadaan bersih dan tidak ada tanda-tanda kerusakan. Jika menemukan kerusakan, laporkan ke pihak yang berwenang agar segera diperbaiki.

4. Jangan Duduk Terlalu Lama

Usahakan untuk tidak duduk terlalu lama di toilet umum. Hal ini untuk menghindari risiko terkena infeksi saluran kemih dan wasir. Jika memang harus duduk lama, Anda dapat menggunakan alas duduk toilet atau tisu sebagai pengaman.

5. Gunakan Tisu Untuk Menjaga Kebersihan

Selain untuk mengelap tangan, tisu juga dapat digunakan untuk menjaga kebersihan toilet. Setelah selesai menggunakan toilet, jangan lupa untuk membersihkan toilet menggunakan tisu sebanyak beberapa kali untuk memastikan toilet dalam kondisi bersih.

6. Hindari Menggunakan Toilet Umum Saat Sibuk

Jika memungkinkan, hindari menggunakan toilet umum saat toilet sedang sibuk. Hal ini untuk menghindari antrian panjang dan kontak dengan orang yang mungkin terinfeksi penyakit. Jika memang harus menggunakan toilet umum saat sibuk, pastikan untuk menggunakan alat bantu seperti tisu atau alas duduk toilet.

7. Bawa Hand Sanitizer

Jika tidak ada air mengalir di toilet umum, Anda dapat membawa hand sanitizer sebagai alternatif. Gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan setelah menggunakan toilet umum atau kontak dengan permukaan toilet.

8. Jangan Makan atau Minum di Toilet Umum

Usahakan untuk tidak makan atau minum di toilet umum. Hal ini untuk menghindari terjadinya infeksi saluran pencernaan akibat terkontaminasi kuman dan bakteri di toilet umum.

9. Jangan Melempar Sampah Sembarangan

Setelah menggunakan toilet umum, pastikan untuk membuang sampah di tempat yang disediakan. Jangan melempar sampah sembarangan karena dapat menyebabkan bau tidak sedap dan meningkatkan risiko terkena penyakit.

10. Gunakan Masker Jika Perlu

Jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah atau sedang sakit, gunakan masker saat menggunakan toilet umum untuk mencegah penyebaran penyakit.

11. Jangan Menyentuh Wajah Setelah Menggunakan Toilet Umum

Jangan menyentuh wajah setelah menggunakan toilet umum tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari risiko terkena infeksi pada kulit dan saluran pernapasan.

12. Bawa Tisu Basah

Anda dapat membawa tisu basah sebagai alternatif jika tidak tersedia air mengalir di toilet umum. Gunakan tisu basah untuk membersihkan tangan dan toilet agar tetap bersih dan sehat.

13. Jangan Menggunakan Sabun di Toilet Umum

Banyak orang yang menggunakan sabun di toilet umum untuk membersihkan toilet. Namun, sabun di toilet umum tidak selalu bersih dan dapat menyebarkan kuman dan bakteri. Usahakan untuk membawa sabun pribadi jika memang harus membersihkan toilet.

14. Gunakan Tutup Mulut Saat Batuk atau Bersin

Jika Anda sedang batuk atau bersin saat menggunakan toilet umum, gunakan tutup mulut untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri ke permukaan toilet dan orang lain di sekitar Anda.

15. Gunakan Alat Pelindung Saat Menjaga Kebersihan Toilet Umum

Jika Anda bertugas menjaga kebersihan toilet umum, gunakan alat pelindung seperti sarung tangan dan masker untuk menghindari terkena kuman dan bakteri.

16. Hindari Menyentuh Permukaan Toilet Langsung

Usahakan untuk tidak menyentuh permukaan toilet langsung. Gunakan tisu atau alas duduk toilet sebagai pengaman agar terhindar dari risiko penyakit.

17. Bersihkan Tempat Duduk Sebelum Menggunakan Toilet

Sebelum duduk di toilet, pastikan untuk membersihkan tempat duduk terlebih dahulu. Gunakan tisu atau alas duduk toilet untuk membersihkan tempat duduk agar terhindar dari kuman dan bakteri yang ada di toilet umum.

18. Gunakan Toilet Lain Jika Toilet Sedang Rusak

Jika menemukan toilet yang sedang rusak, hindari menggunakan toilet tersebut. Gunakan toilet lain yang dalam keadaan baik dan bersih untuk menghindari risiko terkena penyakit.

19. Gunakan Kamar Kecil Jika Tersedia

Jika memungkinkan, gunakan kamar kecil yang lebih kecil dan jarang digunakan untuk menghindari antrian panjang dan kontak dengan orang yang mungkin terinfeksi penyakit.

20. Jangan Membuang Benda Lain Selain Sampah di Toilet

Jangan membuang benda lain selain sampah di toilet. Hal ini untuk menghindari tersumbatnya saluran toilet dan meningkatkan risiko terkena penyakit.

21. Hindari Menggunakan Toilet Umum Saat Menstruasi

Jika memungkinkan, hindari menggunakan toilet umum saat menstruasi. Jika tidak memungkinkan, gunakan pembalut yang aman dan bersih serta jangan lupa untuk membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir setelah selesai menggunakan toilet.

22. Bersihkan Tangan Setelah Menggunakan Pintu Toilet

Setelah selesai menggunakan toilet, pastikan untuk membersihkan tangan setelah menggenggam pegangan pintu toilet. Hal ini untuk menghindari risiko terkena kuman dan bakteri yang mungkin ada di permukaan pintu.

23. Gunakan Tisu Basah Untuk Membersihkan Tangan

Jika tidak tersedia air mengalir di toilet umum, Anda dapat menggunakan tisu basah sebagai alternatif untuk membersihkan tangan agar tetap bersih dan sehat.

24. Jangan Melepas Sepatu di Toilet

Usahakan untuk tidak melepas sepatu di toilet umum. Hal ini untuk menghindari kontak langsung dengan lantai yang mungkin terkontaminasi kuman dan bakteri.

25. Menghindari Kontak Langsung dengan Permukaan Toilet

Usahakan untuk menghindari kontak langsung dengan permukaan toilet. Gunakan tisu atau alas duduk toilet sebagai pengaman agar terhindar dari risiko penyakit.

26. Jangan Membawa Barang Pribadi ke Toilet Umum

Usahakan untuk tidak membawa barang pribadi seperti tas atau ponsel ke toilet umum. Hal ini untuk menghindari kontaminasi dengan kuman dan bakteri yang ada di toilet umum.

27. Gunakan Air Panas Jika Tersedia

Jika tersedia air panas di toilet umum, gunakan air panas untuk membersihkan tangan. Air panas dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada di tangan.

28. Jangan Membuang Benda yang Tidak Bisa Terurai di Toilet Umum

Jangan membuang benda yang tidak bisa terurai di toilet umum seperti pembalut atau tisu basah. Hal ini untuk menghindari tersumbatnya saluran toilet dan meningkatkan risiko terkena penyakit.

29. Hindari Menggunakan Toilet Umum Saat Sedang Sakit

Jika sedang sakit, hindari menggunakan toilet umum dan gunakan toilet pribadi di rumah. Jika harus menggunakan toilet umum, pastikan untuk membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir setelah selesai menggunakan toilet.

30. Jaga Kebersihan Toilet Umum

Terakhir, jaga kebersihan toilet umum dengan selalu membersihkan toilet setelah digunakan. Jangan meninggalkan toilet dalam keadaan kotor dan usahakan untuk membawa sampah ke tempat sampah yang disediakan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips sehat menggunakan toilet umum di atas, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit yang mungkin terjadi akibat penggunaan toilet umum. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan toilet umum agar tetap bersih dan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *