General

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis: Panduan Lengkap

×

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis: Panduan Lengkap

Share this article

Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang paling populer di Indonesia. Selain sebagai hiburan, bulu tangkis juga menjadi olahraga yang sering dipertandingkan baik di tingkat nasional maupun internasional. Namun, sebelum mulai bermain, penting untuk mengetahui ukuran lapangan bulu tangkis yang benar. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai ukuran lapangan bulu tangkis.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran lapangan bulu tangkis resmi ditetapkan oleh Badan Dunia Bulu Tangkis (BWF). Menurut BWF, lapangan bulu tangkis memiliki panjang 13,4 meter dan lebar 6,1 meter. Di tengah lapangan, terdapat garis tengah yang membagi lapangan menjadi dua bagian yang sama.

Setiap bagian lapangan dibatasi oleh garis samping dan garis belakang. Garis samping disebut garis tunggal, sedangkan garis belakang disebut garis ganda. Garis tunggal memiliki panjang 13,4 meter dan lebar 0,76 meter, sedangkan garis ganda memiliki panjang 13,4 meter dan lebar 1,52 meter.

Tinggi Net

Net dalam bulu tangkis harus dipasang di tengah lapangan dan disangga oleh dua tiang yang terletak di samping lapangan. Tinggi net untuk permainan tunggal adalah 1,524 meter, sedangkan untuk permainan ganda adalah 1,55 meter.

Jarak Antara Net dan Garis

Jarak antara net dan garis samping adalah 0,76 meter, sedangkan jarak antara net dan garis belakang adalah 1,98 meter. Jarak ini harus dijaga dengan ketat selama permainan agar tidak ada kesalahan.

Area Servis

Area servis adalah area di depan net yang memiliki garis servis sebagai pembatasnya. Di dalam area servis, pemain harus melempar shuttlecock ke area lawan. Area servis memiliki panjang 6,4 meter dari garis belakang dan lebar 1,98 meter dari garis tengah.

Area Permainan

Area permainan adalah area di dalam garis tunggal dan garis ganda. Area ini digunakan untuk bermain bulu tangkis dan dianggap sebagai area yang aman untuk berlari dan bergerak.

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap mengenai ukuran lapangan bulu tangkis. Penting untuk memperhatikan ukuran lapangan dan jarak antara net dan garis selama permainan agar tidak terjadi kesalahan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bermain bulu tangkis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *