General

WFH Corona: Kenalilah Hal-Hal Berikut Ini

×

WFH Corona: Kenalilah Hal-Hal Berikut Ini

Share this article

Beberapa bulan terakhir, pandemi virus Corona atau COVID-19 telah menjadi momok menakutkan bagi banyak orang di seluruh dunia. Akibat pandemi ini, banyak negara yang menerapkan kebijakan lockdown atau karantina wilayah untuk membatasi penyebaran virus. Di Indonesia sendiri, kebijakan ini diberlakukan di beberapa daerah, termasuk Jakarta.

Sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus, banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Namun, meskipun terdengar mudah, bekerja dari rumah ternyata memiliki tantangan tersendiri. Apa saja hal-hal yang perlu diketahui saat bekerja dari rumah selama pandemi Corona? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Buatlah Jadwal

Saat bekerja dari rumah, seringkali kita merasa lebih santai dan cenderung mengabaikan waktu. Hal ini bisa berdampak pada produktivitas kita. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya buatlah jadwal kerja yang teratur. Tentukan jam kerja dan waktu istirahat dengan jelas. Dengan begitu, kita bisa lebih fokus dan efektif saat bekerja dari rumah.

2. Siapkan Ruangan Kerja yang Nyaman

Salah satu tantangan bekerja dari rumah adalah sulitnya memisahkan antara waktu kerja dan waktu santai. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya siapkan ruangan kerja yang nyaman dan terpisah dari ruangan lain di rumah. Ruangan kerja yang nyaman akan membantu kita lebih fokus dan meningkatkan produktivitas kerja.

3. Tetap Lakukan Aktivitas Fisik

Salah satu dampak negatif bekerja dari rumah adalah kurangnya aktivitas fisik. Kita cenderung lebih banyak duduk dan kurang bergerak. Hal ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh kita. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya tetap lakukan aktivitas fisik, seperti senam atau yoga, di rumah.

4. Hindari Gangguan dari Keluarga

Ketika bekerja dari rumah, seringkali kita dihadapkan pada gangguan dari anggota keluarga. Ini bisa mengganggu konsentrasi dan produktivitas kita. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya beri tahu keluarga bahwa kita sedang bekerja dan minta mereka untuk tidak mengganggu selama jam kerja. Jangan lupa untuk memberi waktu untuk berkumpul dan berinteraksi dengan keluarga setelah jam kerja selesai.

5. Tetap Terhubung dengan Rekan Kerja

Saat bekerja dari rumah, kita seringkali merasa terisolasi dan kesepian. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya tetap terhubung dengan rekan kerja melalui aplikasi chatting atau video call. Hal ini juga akan membantu kita dalam menjalankan tugas-tugas kerja secara efektif.

6. Jangan Lupa Istirahat

Saat bekerja dari rumah, seringkali kita cenderung terus bekerja tanpa henti. Hal ini bisa berdampak pada kesehatan dan produktivitas kita. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya tetap jadwalkan waktu istirahat yang cukup. Luangkan waktu untuk beristirahat dan melakukan aktivitas yang menyenangkan di luar jam kerja.

7. Tetap Menjaga Kesehatan

Terakhir, tetap menjaga kesehatan sangat penting saat bekerja dari rumah selama pandemi Corona. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jaga jarak dengan orang lain, dan hindari kerumunan. Jangan lupa untuk tetap makan makanan yang sehat dan bergizi serta tetap berolahraga di rumah.

Kesimpulan

Bekerja dari rumah selama pandemi Corona memang memiliki tantangan tersendiri. Namun, dengan memperhatikan hal-hal di atas, kita bisa lebih efektif dan produktif saat bekerja dari rumah. Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa untuk selalu terhubung dengan rekan kerja dan keluarga. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *