General

Wiley Post, Penerbang Solo Pertama Keliling Dunia

×

Wiley Post, Penerbang Solo Pertama Keliling Dunia

Share this article

Wiley Post adalah seorang penerbang Amerika Serikat yang menjadi terkenal pada tahun 1933 karena berhasil melakukan penerbangan solo pertama keliling dunia tanpa henti. Ia melakukan penerbangan ini dengan menggunakan pesawat Lockheed Vega yang ia namakan “Winnie Mae”. Penerbangan ini dimulai dan berakhir di Floyd Bennett Field, New York, Amerika Serikat. Berikut adalah kisah lengkap tentang penerbangan solo Wiley Post keliling dunia.

Awal Karir Wiley Post

Wiley Post dilahirkan di Texas pada tahun 1898. Ia mengawali karirnya sebagai seorang petani dan mekanik mesin. Namun, ia memiliki minat yang sangat besar terhadap penerbangan. Pada tahun 1926, ia berhasil mendapatkan lisensi penerbangan setelah mengikuti kursus penerbangan selama 10 hari.Setelah mendapatkan lisensi penerbangan, Wiley Post mulai bekerja sebagai penerbang untuk perusahaan penerbangan di Oklahoma. Ia juga menjadi seorang penerbang mail yang bertugas mengantar surat dan paket melalui pesawat.

Persiapan Penerbangan Solo Keliling Dunia

Pada tahun 1931, Wiley Post membeli pesawat Lockheed Vega dan memberinya nama “Winnie Mae” setelah putri dari seorang teman baiknya. Ia kemudian melakukan beberapa perjalanan jarak jauh dengan pesawat ini, termasuk ke Meksiko dan Kanada.Pada tahun 1933, Wiley Post memutuskan untuk melakukan penerbangan solo keliling dunia tanpa henti. Ia melakukan persiapan yang sangat matang untuk penerbangan ini. Ia melakukan perbaikan dan modifikasi pada pesawatnya, termasuk menambahkan tangki bahan bakar tambahan untuk meningkatkan jarak terbang pesawat.

Penerbangan Solo Keliling Dunia

Pada tanggal 15 Juli 1933, Wiley Post memulai penerbangan solo keliling dunia dari Floyd Bennett Field, New York. Ia terbang melalui Islandia, Skotlandia, Norwegia, Rusia, Jepang, dan Alaska sebelum akhirnya kembali ke Floyd Bennett Field pada tanggal 22 Juli 1933. Ia berhasil menyelesaikan penerbangan ini dalam waktu 7 hari, 18 jam, dan 49 menit.Wiley Post menjadi sangat terkenal setelah berhasil melakukan penerbangan solo keliling dunia ini. Ia dihormati dan dijadikan sebagai pahlawan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Penerbangan Ke Kutub Utara

Setelah berhasil melakukan penerbangan solo keliling dunia, Wiley Post memutuskan untuk melakukan penerbangan ke Kutub Utara. Pada tanggal 23 Agustus 1935, ia melakukan penerbangan ini bersama dengan rekannya, Will Rogers.Namun, penerbangan ini berakhir tragis. Pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan dan jatuh di Alaska. Kedua penumpang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Kenangan Wiley Post

Meskipun hidupnya berakhir tragis, Wiley Post tetap diingat sebagai seorang penerbang hebat yang berhasil melakukan penerbangan solo keliling dunia tanpa henti. Ia dijadikan sebagai inspirasi oleh banyak penerbang di seluruh dunia.Untuk mengenang jasa-jasanya, beberapa tempat di Amerika Serikat diberi nama Wiley Post, termasuk bandara dan jalan raya. Ia juga diabadikan dalam sebuah patung di Oklahoma City, Oklahoma.

Kesimpulan

Wiley Post adalah seorang penerbang hebat yang berhasil melakukan penerbangan solo pertama keliling dunia tanpa henti. Ia melakukan persiapan yang matang dan berhasil menyelesaikan penerbangan ini dalam waktu 7 hari, 18 jam, dan 49 menit. Meskipun hidupnya berakhir tragis, ia tetap diingat sebagai seorang pahlawan dan menjadi inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *