General

Yordania – Negara di Timur Tengah yang Memiliki Sejarah yang Kaya

×

Yordania – Negara di Timur Tengah yang Memiliki Sejarah yang Kaya

Share this article

Yordania adalah sebuah negara yang terletak di Timur Tengah. Negara ini memiliki sejarah yang kaya dan budaya yang unik. Yordania juga merupakan salah satu negara yang paling stabil di Timur Tengah.

Sejarah Yordania

Sejarah Yordania dimulai pada zaman kuno. Yordania adalah wilayah yang penting dalam sejarah Mesir dan Babilonia. Pada abad ke-7, Yordania dikuasai oleh bangsa Arab. Pada abad ke-16, Yordania menjadi bagian dari Kesultanan Utsmaniyah.

Pada tahun 1916, T.E. Lawrence, yang dikenal sebagai Lawrence of Arabia, memimpin pemberontakan Arab melawan Kesultanan Utsmaniyah. Setelah Perang Dunia I, Yordania menjadi bagian dari Mandat Britania di bawah Liga Bangsa-Bangsa.

Pada tahun 1946, Yordania merdeka dari Britania Raya. Selama Perang Arab-Israel pada tahun 1948, Yordania memerintah wilayah Tepi Barat dan Yerusalem Timur. Setelah Perang Enam Hari pada tahun 1967, Israel merebut wilayah Tepi Barat dan Yerusalem Timur dari Yordania.

Budaya Yordania

Budaya Yordania sangat dipengaruhi oleh agama Islam. Namun, Yordania juga memiliki budaya Kristen dan Yahudi yang kaya. Yordania juga memiliki seni dan arsitektur yang unik.

Salah satu contoh seni yang terkenal di Yordania adalah musik bedouin. Musik ini dimainkan dengan menggunakan alat musik tradisional seperti rebab dan oud. Selain itu, Yordania juga memiliki tarian tradisional seperti dabke dan sada.

Tempat Wisata di Yordania

Yordania memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Salah satu yang paling terkenal adalah Petra. Petra adalah kota kuno yang terkenal dengan bangunan-bangunan batunya yang indah.

Selain Petra, Yordania juga memiliki Wadi Rum. Wadi Rum adalah gurun yang indah dengan formasi batu yang unik. Tempat ini sering digunakan sebagai lokasi syuting film-film Hollywood.

Yordania juga memiliki Laut Mati, yang terkenal dengan kandungan garamnya yang tinggi. Laut Mati juga memiliki lumpur yang berkhasiat untuk kesehatan kulit.

Kuliner Yordania

Yordania memiliki masakan yang lezat dan unik. Salah satu masakan yang terkenal adalah mansaf. Mansaf adalah nasi yang disajikan dengan daging kambing dan yogurt.

Selain mansaf, Yordania juga memiliki falafel dan hummus yang terkenal di seluruh dunia. Falafel adalah bola-bola kecil yang terbuat dari kacang-kacangan dan rempah-rempah. Hummus adalah pasta yang terbuat dari kacang-kacangan dan minyak zaitun.

Transportasi di Yordania

Transportasi di Yordania cukup mudah. Ada banyak taksi dan bus yang tersedia di seluruh negara. Namun, untuk perjalanan yang lebih jauh, sebaiknya menggunakan kereta atau pesawat.

Akomodasi di Yordania

Yordania memiliki banyak pilihan akomodasi yang dapat dipilih, mulai dari hotel bintang lima hingga penginapan murah. Ada juga banyak homestay yang dapat dipilih jika ingin merasakan pengalaman hidup bersama keluarga lokal.

Perjalanan ke Yordania

Untuk perjalanan ke Yordania, terdapat beberapa pilihan maskapai penerbangan yang dapat dipilih, seperti Emirates, Qatar Airways, dan Etihad Airways. Ada juga maskapai penerbangan lokal, seperti Royal Jordanian.

Sebelum pergi ke Yordania, pastikan untuk memeriksa persyaratan visa dan imigrasi yang diperlukan. Selain itu, pastikan juga untuk membawa uang tunai dalam denominasi kecil, karena banyak tempat yang tidak menerima kartu kredit.

Kesimpulan

Yordania adalah negara yang memiliki sejarah yang kaya, budaya yang unik, dan tempat wisata yang menarik. Negara ini juga memiliki masakan yang lezat dan transportasi yang mudah. Bagi yang ingin berkunjung ke Yordania, pastikan untuk memeriksa persyaratan visa dan imigrasi serta membawa uang tunai dalam denominasi kecil. Selamat menjelajahi Yordania!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *