General

Yuk Mengenal 26 Tari Tradisional Sumatera Barat yang Mendunia

×

Yuk Mengenal 26 Tari Tradisional Sumatera Barat yang Mendunia

Share this article

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan budaya yang sangat menarik. Salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh Sumatera Barat adalah tari tradisional. Tari tradisional Sumatera Barat sudah dikenal di seluruh dunia karena keindahannya dan keunikan gerakan-gerakannya.

1. Tari Piring

Tari Piring adalah salah satu tari tradisional Sumatera Barat yang paling terkenal. Tarian ini dilakukan dengan menggunakan piring sebagai properti utama. Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam tari ini sangat menarik dan memukau.

2. Tari Payung

Tari Payung adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan dengan menggunakan payung sebagai properti utama. Gerakan dalam tari ini sangat indah dan terkesan sangat lembut.

3. Tari Indang

Tari Indang adalah tari tradisional Sumatera Barat yang berasal dari daerah Minangkabau. Tarian ini dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling berpasangan. Gerakan dalam tari ini sangat dinamis dan enerjik.

4. Tari Silek

Tari Silek adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para pemuda. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat kuat dan dinamis. Tarian ini juga sering disebut sebagai tari bela diri.

5. Tari Rantak

Tari Rantak adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para pemuda. Tarian ini terkesan sangat enerjik dan menggambarkan kekuatan dan semangat para pemuda dalam menghadapi berbagai tantangan.

6. Tari Likurai

Tari Likurai adalah tari tradisional Sumatera Barat yang berasal dari daerah Mentawai. Tarian ini dilakukan oleh para wanita dan gerakan dalam tari ini terkesan sangat lembut dan indah.

7. Tari Siriah

Tari Siriah adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para wanita. Tarian ini terkesan sangat anggun dan elegan.

8. Tari Cuci

Tari Cuci adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para wanita. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat lembut dan indah, seperti gerakan saat mencuci pakaian.

9. Tari Sembah

Tari Sembah adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat sakral dan penuh makna.

10. Tari Pendet

Tari Pendet adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para wanita. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat lembut dan anggun, seperti gerakan saat memberikan salam atau menyambut tamu.

11. Tari Kipas

Tari Kipas adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para wanita. Tarian ini terkesan sangat anggun dan elegan.

12. Tari Serampang Dua Belas

Tari Serampang Dua Belas adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para wanita. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat lembut dan indah, seperti gerakan saat menari di bawah pohon serampang.

13. Tari Tarek Pukat

Tari Tarek Pukat adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para nelayan. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat kuat dan dinamis, seperti gerakan saat menarik pukat di laut.

14. Tari Selampit Delapan

Tari Selampit Delapan adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para wanita. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat lembut dan indah, seperti gerakan saat menganyam selampit.

15. Tari Pakarena

Tari Pakarena adalah tari tradisional Sumatera Barat yang berasal dari daerah Mentawai. Tarian ini dilakukan oleh para wanita dan gerakan dalam tari ini terkesan sangat lembut dan indah.

16. Tari Pusako

Tari Pusako adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para wanita. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat lembut dan indah, seperti gerakan saat memetik buah padi.

17. Tari Bajidor Kahot

Tari Bajidor Kahot adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para wanita. Tarian ini terkesan sangat enerjik dan menggambarkan kegembiraan dan semangat para wanita.

18. Tari Cindua Mato

Tari Cindua Mato adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para wanita. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat lembut dan indah, seperti gerakan saat menari di bawah pohon cindua.

19. Tari Pasambahan

Tari Pasambahan adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat sakral dan penuh makna.

20. Tari Piring Minangkabau

Tari Piring Minangkabau adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan dengan menggunakan piring sebagai properti utama. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat dinamis dan memukau.

21. Tari Gumarang

Tari Gumarang adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para pemuda. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat kuat dan dinamis, seperti gerakan saat melempar tombak.

22. Tari Rapa’i Geleng

Tari Rapa’i Geleng adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan secara berkelompok. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat dinamis dan menggambarkan keharmonisan antara para penari.

23. Tari Tandak

Tari Tandak adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para wanita. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat lembut dan indah, seperti gerakan saat menari di atas tanah yang gembur.

24. Tari Dabus

Tari Dabus adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para wanita. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat lembut dan indah, seperti gerakan saat menari di atas tanah yang gembur.

25. Tari Pasambah

Tari Pasambah adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat sakral dan penuh makna.

26. Tari Ampar-Ampar Pisang

Tari Ampar-Ampar Pisang adalah tari tradisional Sumatera Barat yang dilakukan oleh para wanita. Gerakan dalam tari ini terkesan sangat lembut dan indah, seperti gerakan saat menyiram air pada tanaman pisang.

Kesimpulan

Tari tradisional Sumatera Barat adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia yang sangat menarik. Tarian-tarian tersebut telah dikenal di seluruh dunia karena keindahan dan keunikan gerakan-gerakannya. Dengan memperkenalkan tari tradisional Sumatera Barat kepada dunia, diharapkan dapat memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia serta mempromosikan pariwisata Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *