General

6 Tempat Wisata Mojokerto yang Bisa Dijadikan Tujuan Liburan

×

6 Tempat Wisata Mojokerto yang Bisa Dijadikan Tujuan Liburan

Share this article

Mojokerto adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Meskipun kota ini tidak sebesar Surabaya, namun Mojokerto memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Berikut ini adalah 6 tempat wisata Mojokerto yang bisa dijadikan tujuan liburan.

1. Candi Pari

Candi Pari adalah sebuah candi Hindu yang terletak di Desa Pari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Candi ini dibangun pada abad ke-14 Masehi dan merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masih terjaga dengan baik di Mojokerto. Saat mengunjungi Candi Pari, wisatawan bisa menikmati keindahan arsitektur candi dan belajar tentang sejarah Hindu di Indonesia.

2. Air Terjun Taman Dayu

Air Terjun Taman Dayu terletak di kawasan perumahan Taman Dayu, Kabupaten Mojokerto. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekitar dan bermain air di kolam yang terletak di bawah air terjun.

3. Museum Trowulan

Museum Trowulan terletak di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Museum ini merupakan museum arkeologi yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit, seperti arca, prasasti, dan benda-benda keramik. Saat mengunjungi Museum Trowulan, wisatawan bisa belajar tentang sejarah Kerajaan Majapahit dan melihat langsung peninggalan-peninggalannya.

4. Taman Wisata Alam Gunung Gangsir

Taman Wisata Alam Gunung Gangsir terletak di Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. Taman ini memiliki luas sekitar 900 hektar dan dikelilingi oleh hutan yang masih asri. Saat mengunjungi Taman Wisata Alam Gunung Gangsir, wisatawan bisa berjalan-jalan di tengah hutan, menikmati pemandangan alam yang indah, dan melihat berbagai jenis flora dan fauna.

5. Goa Gong

Goa Gong terletak di Desa Gong, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Goa ini terkenal dengan stalaktit dan stalakmitnya yang indah dan unik. Wisatawan bisa berjalan-jalan di dalam goa sambil menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk dari air dan garam.

6. Pantai Paciran

Pantai Paciran terletak di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, yang berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Wisatawan bisa berenang, bermain pasir, atau menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di Pantai Paciran.

Itulah 6 tempat wisata Mojokerto yang bisa dijadikan tujuan liburan. Semua tempat wisata di atas memiliki keunikan dan keindahan yang masing-masing. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam saat berkunjung ke tempat wisata. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *