General

Candi Badut Malang: Keindahan Sejarah Jawa Timur

×

Candi Badut Malang: Keindahan Sejarah Jawa Timur

Share this article

Candi Badut Malang adalah salah satu situs sejarah yang terletak di Jawa Timur. Candi ini memiliki nilai sejarah yang tinggi dan sering dijadikan sebagai tujuan wisata bagi para pengunjung yang ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah Jawa Timur.

Sejarah Candi Badut Malang

Candi Badut Malang dibangun pada abad ke-8 oleh kerajaan Kediri. Candi ini awalnya dibangun sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa, namun kemudian juga digunakan sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu. Candi ini juga digunakan sebagai tempat persembahan bunga dan dupa oleh masyarakat setempat.

Pada tahun 1930, Candi Badut Malang ditemukan oleh seorang arkeolog bernama W.F. Stutterheim. Ia menemukan beberapa arca yang menceritakan tentang sejarah dan kebudayaan kerajaan Kediri. Arca-arca tersebut kemudian dipindahkan ke Museum Nasional di Jakarta dan Museum Mpu Tantular di Surabaya.

Arsitektur Candi Badut Malang

Candi Badut Malang memiliki arsitektur yang unik. Candi ini terdiri dari dua bangunan utama, yaitu bangunan utama dan bangunan perwara. Bangunan utama memiliki bentuk persegi empat dan terdiri dari tiga tingkat. Setiap tingkat memiliki relief yang menggambarkan kehidupan masyarakat pada zaman itu.

Bangunan perwara terdiri dari dua bangunan kecil yang terletak di sisi kiri dan kanan bangunan utama. Bangunan perwara ini digunakan sebagai tempat penyimpanan perlengkapan upacara keagamaan.

Keunikan Candi Badut Malang

Candi Badut Malang memiliki beberapa keunikan yang membuatnya berbeda dengan candi-candi lain di Indonesia. Salah satu keunikan tersebut adalah relief yang terdapat pada dinding bangunan utama. Relief ini menggambarkan kehidupan masyarakat pada masa itu, seperti kegiatan pertanian, perburuan, dan pesta rakyat.

Keunikan lain dari Candi Badut Malang adalah adanya arca yang menggambarkan sosok manusia dengan kepala gajah. Arca ini merupakan simbol dari Dewa Ganesha, yang merupakan dewa penghapus rintangan dan pengatur keberuntungan.

Tujuan Wisata Candi Badut Malang

Candi Badut Malang sering dijadikan sebagai tujuan wisata oleh para pengunjung. Selain dapat melihat langsung keindahan arsitektur dan relief di dalam candi, pengunjung juga dapat belajar lebih banyak tentang sejarah dan budaya Jawa Timur.

Pada hari-hari tertentu, Candi Badut Malang juga sering dijadikan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat. Pengunjung dapat melihat langsung upacara tersebut dan belajar tentang kepercayaan dan budaya masyarakat Jawa Timur.

Cara Menuju Candi Badut Malang

Candi Badut Malang dapat diakses dengan mudah dari pusat kota Malang. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum seperti angkot atau bus. Candi Badut Malang berada di Jalan Badut No. 1, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Harga Tiket Candi Badut Malang

Untuk masuk ke dalam kompleks Candi Badut Malang, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Tiket masuk ini sudah termasuk penggunaan area parkir dan pengawasan dari petugas keamanan.

Jam Buka Candi Badut Malang

Candi Badut Malang buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00. Pengunjung dapat mengunjungi candi ini pada hari libur nasional atau hari biasa.

Fasilitas di Candi Badut Malang

Candi Badut Malang dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Di dalam kompleks candi terdapat toilet, area parkir, dan warung makan. Pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas Jawa Timur di sekitar area candi.

Keamanan di Candi Badut Malang

Candi Badut Malang merupakan situs sejarah yang dijaga dengan ketat oleh pihak keamanan. Pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan dan ketertiban selama berada di dalam kompleks candi. Pengunjung juga diharapkan untuk tidak merusak atau mengambil bagian dari struktur bangunan candi atau arca yang ada di dalamnya.

Kesimpulan

Candi Badut Malang merupakan salah satu situs sejarah yang memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang tinggi di Jawa Timur. Candi ini memiliki arsitektur yang unik dan menggambarkan kehidupan masyarakat pada masa itu. Selain dapat digunakan sebagai tempat wisata, Candi Badut Malang juga sering dijadikan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

Pengunjung yang ingin mengunjungi Candi Badut Malang dapat dengan mudah mencapainya dari pusat kota Malang. Harga tiket masuk yang terjangkau dan fasilitas yang disediakan di dalam kompleks candi membuat pengunjung dapat menikmati dan belajar lebih banyak tentang sejarah dan budaya Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *