General

Cara Cek BPOM: Cara Mengecek Legalitas Produk

×

Cara Cek BPOM: Cara Mengecek Legalitas Produk

Share this article

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengawasi produk yang beredar di masyarakat. BPOM memiliki tugas untuk memastikan bahwa produk yang beredar aman dan halal untuk dikonsumsi atau digunakan. Nah, jika Anda ingin membeli suatu produk, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM atau belum. Berikut adalah cara cek BPOM yang bisa Anda lakukan.

1. Buka Website Resmi BPOM

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek legalitas produk adalah dengan membuka website resmi BPOM di https://cekbpom.pom.go.id/. Pada halaman utama, Anda akan menemukan kolom pencarian di mana Anda bisa memasukkan nama produk yang ingin Anda cek. Setelah itu, klik tombol “Cari” dan tunggu beberapa saat.

2. Masukkan Nama Produk

Pada kolom pencarian, masukkan nama produk yang ingin Anda cek. Pastikan Anda mengetik nama produk dengan benar agar hasil pencarian lebih akurat. Jika produk yang Anda cari sudah terdaftar di BPOM, maka akan muncul informasi mengenai nomor registrasi, nama produsen, dan tanggal terbitnya.

3. Periksa Nomor Registrasi

Jika produk yang Anda cek sudah terdaftar di BPOM, pastikan Anda memeriksa nomor registrasinya. Nomor registrasi adalah nomor unik yang diberikan oleh BPOM untuk setiap produk yang sudah terdaftar. Nomor registrasi ini penting untuk memastikan bahwa produk tersebut benar-benar legal dan aman untuk digunakan.

4. Periksa Tanggal Terbit

Setelah memeriksa nomor registrasi, pastikan juga Anda memeriksa tanggal terbit produk tersebut. Tanggal terbit menunjukkan kapan produk tersebut sudah terdaftar di BPOM. Jika produk tersebut sudah terdaftar dalam waktu yang lama, maka kemungkinan besar produk tersebut sudah teruji dan aman untuk digunakan.

5. Pastikan Nama Produsen Sesuai

Terakhir, pastikan nama produsen pada informasi produk yang Anda cek sesuai dengan nama produsen yang tertera pada kemasan produk. Jika nama produsen tidak sesuai, maka kemungkinan besar produk tersebut palsu atau ilegal.

Kesimpulan

Dengan mengecek legalitas produk di BPOM, Anda bisa memastikan bahwa produk yang Anda beli aman dan halal untuk dikonsumsi atau digunakan. Cara cek BPOM sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Jangan lupa untuk selalu memeriksa legalitas produk sebelum membelinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *