General

Cara Cek Produk Kosmetik BPOM

×

Cara Cek Produk Kosmetik BPOM

Share this article

Kosmetik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi perempuan. Namun, tidak semua produk kosmetik yang dijual di pasaran aman dan terjamin kualitasnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara memeriksa keamanan produk kosmetik yang akan kita gunakan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek apakah produk kosmetik tersebut sudah terdaftar di BPOM atau belum.

Apa itu BPOM?

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan merupakan lembaga yang bertugas untuk mengawasi dan mengatur obat, makanan, dan kosmetik di Indonesia. BPOM bertanggung jawab untuk menjamin keamanan dan kualitas produk yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, BPOM sangat penting dalam menjaga kesehatan konsumen dari bahaya produk yang tidak aman atau berkualitas rendah.

Kenapa Harus Mengecek Produk Kosmetik di BPOM?

Mengecek apakah produk kosmetik sudah terdaftar di BPOM sangat penting dilakukan karena dapat memberikan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengecek produk kosmetik di BPOM:

  • Menjamin keamanan produk yang digunakan
  • Menjamin kualitas produk yang digunakan
  • Menjaga kesehatan konsumen dari bahaya produk yang tidak aman atau berkualitas rendah
  • Memastikan produk yang digunakan mengandung bahan yang aman dan halal

Cara Cek Produk Kosmetik di BPOM

Berikut adalah cara untuk mengecek apakah produk kosmetik sudah terdaftar di BPOM:

  1. Buka situs resmi BPOM di https://cekbpom.pom.go.id/
  2. Pilih jenis produk kosmetik yang akan dicek
  3. Masukkan nomor registrasi atau nama produk kosmetik yang akan dicek
  4. Klik tombol “Cari”
  5. Akan muncul informasi mengenai keamanan dan kualitas produk kosmetik tersebut

Informasi yang Didapat dari Hasil Pengecekan di BPOM

Setelah melakukan pengecekan di BPOM, akan muncul informasi mengenai keamanan dan kualitas produk kosmetik tersebut. Informasi yang didapat antara lain:

  • Nama produk kosmetik
  • Nomor registrasi produk kosmetik
  • Nama produsen kosmetik
  • Bentuk sediaan kosmetik
  • Komposisi bahan kosmetik
  • Tanggal pendaftaran produk kosmetik
  • Status keamanan dan kualitas produk kosmetik

Apa yang Harus Dilakukan Jika Produk Kosmetik Tidak Terdaftar di BPOM?

Jika produk kosmetik yang ingin dibeli tidak terdaftar di BPOM, sebaiknya tidak digunakan. Produk kosmetik yang tidak terdaftar di BPOM kemungkinan mengandung bahan-bahan yang berbahaya dan dapat membahayakan kesehatan konsumen. Sebaiknya mencari produk kosmetik yang sudah terdaftar di BPOM untuk memastikan keamanan dan kualitas produk yang digunakan.

Produk Kosmetik Lokal vs. Impor

Produk kosmetik lokal dan impor sama-sama harus terdaftar di BPOM agar dapat dipasarkan di Indonesia. Namun, produk kosmetik impor lebih sulit untuk diperiksa keamanan dan kualitasnya karena pihak BPOM tidak bisa mengawasi langsung produksi produk kosmetik impor. Oleh karena itu, sebaiknya memilih produk kosmetik lokal yang sudah terdaftar di BPOM untuk memastikan keamanan dan kualitas produk yang digunakan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, mengecek apakah produk kosmetik sudah terdaftar di BPOM sangat penting dilakukan untuk memastikan keamanan dan kualitas produk yang digunakan. Cara mudah untuk mengecek produk kosmetik di BPOM adalah dengan membuka situs resmi BPOM di https://cekbpom.pom.go.id/. Jangan menggunakan produk kosmetik yang tidak terdaftar di BPOM karena dapat membahayakan kesehatan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *