Teknologi

Cara Melihat Versi Windows

×

Cara Melihat Versi Windows

Share this article

Apa itu Versi Windows?

Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Setiap versi Windows memiliki fitur dan fungsionalitas yang berbeda. Untuk mengetahui versi Windows yang Anda gunakan, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba.

1. Menggunakan Keyboard Shortcut

Salah satu cara termudah untuk melihat versi Windows adalah dengan menggunakan keyboard shortcut. Tekan tombol “Windows” + “R” secara bersamaan untuk membuka jendela “Run”. Ketik “winver” (tanpa tanda kutip) di dalam kotak dialog dan tekan Enter. Jendela “About Windows” akan muncul dan menampilkan versi Windows yang Anda gunakan.

2. Menggunakan Command Prompt

Anda juga dapat menggunakan Command Prompt untuk melihat versi Windows. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol “Windows” + “R”, ketik “cmd” (tanpa tanda kutip), lalu tekan Enter. Di jendela Command Prompt, ketik “ver” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Versi Windows Anda akan ditampilkan di baris pertama.

3. Melalui Pengaturan Sistem

Windows juga menyediakan opsi untuk melihat versi sistem melalui pengaturan. Klik kanan pada tombol “Start” di pojok kiri bawah layar Anda dan pilih “System”. Di jendela “Settings”, gulir ke bawah hingga menemukan bagian “About”. Di bagian ini, Anda akan melihat informasi tentang versi Windows dan spesifikasi perangkat keras Anda.

4. Menggunakan Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah alat bawaan Windows yang memberikan informasi rinci tentang sistem Anda. Untuk membuka Sistem Informasi, tekan tombol “Windows” + “R”, ketik “msinfo32” (tanpa tanda kutip), lalu tekan Enter. Di jendela “System Information”, Anda dapat melihat informasi tentang versi Windows, spesifikasi perangkat keras, dan banyak lagi.

5. Menggunakan PowerShell

PowerShell adalah alat yang kuat untuk mengelola dan mengotomatisasi tugas di Windows. Untuk melihat versi Windows menggunakan PowerShell, buka menu “Start” dan cari “PowerShell”. Klik kanan pada “Windows PowerShell” dan pilih “Run as administrator”. Di jendela PowerShell, ketik “Get-WmiObject Win32_OperatingSystem | Select-Object Caption” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Versi Windows Anda akan ditampilkan.

Kesimpulan

Melihat versi Windows adalah langkah pertama yang penting untuk mengetahui fitur dan dukungan yang tersedia. Anda dapat menggunakan keyboard shortcut, Command Prompt, pengaturan sistem, Sistem Informasi, atau PowerShell. Pilihlah metode yang paling nyaman bagi Anda, dan gunakan informasi ini untuk memastikan kompatibilitas perangkat lunak dan perangkat keras Anda dengan versi Windows yang Anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *