General

Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi

×

Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi

Share this article

Siapa yang tidak kenal dengan format file PDF? Format file PDF merupakan format file yang populer digunakan untuk berbagai keperluan. Namun, tidak semua orang tahu cara membuat file PDF di HP tanpa menggunakan aplikasi. Berikut ini adalah cara membuat PDF di HP tanpa aplikasi yang mudah dan cepat.

1. Menggunakan Fitur Print

Cara pertama yang bisa digunakan untuk membuat file PDF di HP tanpa aplikasi adalah dengan menggunakan fitur print. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka file yang ingin dijadikan PDF, lalu pilih opsi “Print”. Setelah itu, ubah printer yang dipilih menjadi “Save as PDF” dan klik “Print”. File PDF pun akan tersimpan di perangkat Anda.

2. Menggunakan Google Drive

Jika Anda memiliki akun Google Drive, maka Anda bisa menggunakan fitur Google Drive untuk membuat file PDF di HP tanpa aplikasi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka file yang ingin diubah menjadi PDF, lalu pilih opsi “Open with Google Docs”. Setelah itu, klik “File” dan pilih opsi “Download” untuk menyimpan file dalam format PDF.

3. Menggunakan Situs Konversi Online

Selain menggunakan fitur print dan Google Drive, Anda juga bisa menggunakan situs konversi online untuk membuat file PDF di HP tanpa aplikasi. Ada banyak situs konversi online yang bisa Anda gunakan, seperti SmallPDF, PDF Converter, dan sebagainya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengakses situs konversi online tersebut, lalu pilih opsi “Upload” untuk mengunggah file yang ingin diubah menjadi PDF. Setelah itu, klik opsi “Convert” untuk mengubah file menjadi format PDF dan unduh file PDF yang telah dikonversi.

4. Menggunakan Fitur Share di HP

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk membuat file PDF di HP tanpa aplikasi adalah dengan menggunakan fitur share di HP. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka file yang ingin diubah menjadi PDF, lalu pilih opsi “Share”. Setelah itu, pilih opsi “Print to PDF” dan klik “Share”. File PDF pun akan tersimpan di perangkat Anda.

Kesimpulan

Dari beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, jika Anda sering menggunakan format file PDF, maka sebaiknya Anda menggunakan aplikasi khusus untuk membuat file PDF di HP. Dengan menggunakan aplikasi khusus, Anda bisa lebih mudah dan cepat membuat file PDF sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *