General

Cara Upload Video TikTok Lebih dari 1 Menit

×

Cara Upload Video TikTok Lebih dari 1 Menit

Share this article

Seiring dengan perkembangan zaman, media sosial semakin digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah TikTok. TikTok menjadi platform yang mampu menarik perhatian banyak orang karena konten yang unik dan kreatif. Namun, ada kendala yang sering dialami oleh pengguna TikTok ketika ingin mengunggah video dengan durasi lebih dari 1 menit. Berikut ini adalah cara upload video TikTok lebih dari 1 menit.

1. Gunakan Fitur TikTok

TikTok telah menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah video dengan durasi lebih dari 1 menit. Fitur tersebut dinamakan “TikTok Creator Fund”. Namun, fitur ini hanya diberikan kepada pengguna TikTok yang memenuhi syarat tertentu, seperti jumlah followers dan interaksi yang tinggi.

2. Split Video

Cara upload video TikTok lebih dari 1 menit yang kedua adalah dengan membagi video menjadi beberapa bagian. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk memotong dan membagi video, seperti InShot. Setelah itu, pengguna bisa mengunggah video tersebut secara bertahap di akun TikTok.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk mengunggah video TikTok lebih dari 1 menit. Salah satunya adalah “Video Splitter for WhatsApp Status and TikTok”. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memotong dan membagi video menjadi beberapa bagian, sehingga bisa diunggah di TikTok.

4. Gunakan PC atau Laptop

Jika kedua cara di atas tidak bisa dilakukan, pengguna bisa mencoba mengunggah video TikTok lebih dari 1 menit melalui PC atau laptop. Caranya, pengguna bisa memuat video tersebut ke dalam drive cloud, seperti Google Drive atau Dropbox. Setelah itu, pengguna bisa mengunggah video tersebut dari PC atau laptop.

5. Gunakan Fitur Live Streaming

Fitur live streaming TikTok bisa dimanfaatkan untuk mengunggah video dengan durasi lebih dari 1 menit. Pengguna bisa melakukan live streaming sambil memainkan video yang ingin diunggah. Setelah itu, pengguna bisa menyimpan rekaman live streaming tersebut dan mengunggahnya di akun TikTok.

6. Memperpendek Durasi Video

Jika cara-cara di atas tidak bisa dilakukan, pengguna bisa mempertimbangkan untuk memperpendek durasi video. Pengguna bisa memilih potongan video yang paling menarik dan mengunggahnya di TikTok. Namun, pengguna harus memastikan bahwa durasi video tidak melebihi 1 menit.

7. Gunakan Aplikasi Video Editor

Terdapat banyak aplikasi video editor yang bisa dimanfaatkan untuk mengunggah video TikTok lebih dari 1 menit. Misalnya, pengguna bisa menggunakan aplikasi “PowerDirector” atau “KineMaster”. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengedit dan memotong video dengan mudah.

8. Gunakan Fitur Duets

Fitur duets bisa dimanfaatkan untuk mengunggah video dengan durasi lebih dari 1 menit. Pengguna bisa melakukan duet dengan akun TikTok lainnya, sehingga video yang dihasilkan menjadi lebih panjang. Namun, pengguna harus memastikan bahwa akun yang di-duet-kan memiliki konten yang relevan dan menarik.

9. Gunakan Fitur Stitch

Selain fitur duet, TikTok juga menyediakan fitur stitch. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu video yang panjang. Pengguna bisa memilih video lain yang ingin di-stitch dengan video yang ingin diunggah.

10. Gunakan Hashtag yang Tepat

Pengguna TikTok bisa memanfaatkan hashtag yang tepat untuk menjangkau lebih banyak orang. Hashtag yang relevan bisa membuat video lebih mudah ditemukan oleh pengguna TikTok lainnya. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan hashtag, karena bisa membuat video terlihat spam.

11. Buat Video yang Menarik

Video yang menarik dan kreatif tentu lebih mudah ditemukan oleh pengguna TikTok lainnya. Pengguna bisa memanfaatkan berbagai efek dan filter yang disediakan oleh TikTok untuk membuat video yang menarik dan unik. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan efek dan filter, karena bisa membuat video terlihat terlalu ramai.

12. Jangan Membajak Konten Orang Lain

Pengguna TikTok harus memastikan bahwa video yang diunggah adalah konten asli buatan sendiri. Jangan membajak konten orang lain, karena bisa melanggar hak cipta dan merugikan orang lain. Selain itu, pengguna juga bisa kehilangan kepercayaan dari pengguna TikTok lainnya.

13. Jangan Menyebar Konten Negatif

Pengguna TikTok harus memastikan bahwa video yang diunggah tidak mengandung konten negatif, seperti pelecehan, kekerasan, atau diskriminasi. Konten negatif bisa merugikan orang lain dan melanggar aturan TikTok. Selain itu, pengguna juga bisa kehilangan kepercayaan dari pengguna TikTok lainnya.

14. Perhatikan Kualitas Video

Kualitas video adalah hal yang penting dalam membuat video TikTok. Pengguna harus memastikan bahwa kualitas video yang diunggah tidak buram atau pecah-pecah. Pengguna juga harus memperhatikan pencahayaan dan suara dalam video.

15. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Lagu

Lagu adalah salah satu elemen penting dalam video TikTok. Namun, pengguna harus memperhatikan bahwa terlalu banyak menggunakan lagu bisa membuat video terlihat monoton. Pengguna bisa memilih lagu yang tepat dan memasukkan lagu tersebut pada bagian yang menarik dalam video.

16. Gunakan Caption yang Menarik

Caption adalah salah satu elemen penting dalam video TikTok. Pengguna bisa membuat caption yang menarik dan menggambarkan isi video. Caption yang menarik juga bisa membuat pengguna TikTok lainnya lebih tertarik untuk menonton video.

17. Jangan Terlalu Panjang

Pengguna harus memperhatikan durasi video yang diunggah. Jangan membuat video terlalu panjang, karena bisa membuat pengguna TikTok lainnya bosan dan tidak tertarik untuk menonton video. Durasi video yang ideal adalah sekitar 15-60 detik.

18. Perhatikan Target Audience

Pengguna TikTok harus memperhatikan target audience dari video yang diunggah. Jangan membuat video yang tidak relevan dengan target audience, karena bisa membuat pengguna TikTok lainnya tidak tertarik untuk menonton video.

19. Gunakan Kolaborasi dengan Influencer

Kolaborasi dengan influencer bisa menjadi cara yang efektif untuk menjangkau lebih banyak pengguna TikTok. Pengguna bisa mencari influencer yang memiliki konten yang relevan dengan video yang ingin diunggah. Setelah itu, pengguna bisa melakukan kolaborasi dengan influencer tersebut.

20. Memperhatikan Trending Topic

Pengguna TikTok bisa memperhatikan trending topic di TikTok untuk membuat video yang lebih relevan dan menarik. Namun, pengguna juga harus memperhatikan bahwa trending topic bisa berubah-ubah setiap saat.

21. Gunakan Fitur Hashtag Challenge

Hashtag challenge adalah salah satu fitur yang disediakan oleh TikTok untuk menjangkau lebih banyak pengguna. Pengguna bisa membuat hashtag challenge yang menarik dan mengajak pengguna TikTok lainnya untuk mengikuti challenge tersebut.

22. Jangan Terlalu Banyak Promosi

Pengguna TikTok harus memperhatikan jumlah promosi yang dilakukan di dalam video. Terlalu banyak melakukan promosi bisa membuat video terlihat seperti iklan dan membuat pengguna TikTok lainnya tidak tertarik untuk menonton video.

23. Perhatikan Waktu yang Tepat

Waktu yang tepat juga penting dalam membuat video TikTok. Pengguna harus memperhatikan waktu yang tepat untuk mengunggah video. Misalnya, saat jam sibuk atau hari libur.

24. Gunakan Video Call to Action

Video call to action bisa membuat pengguna TikTok lainnya lebih tertarik untuk menonton video. Pengguna bisa memasukkan video call to action pada akhir video, seperti mengajak pengguna untuk mengikuti akun TikTok atau menonton video lainnya.

25. Hindari Video yang Terlalu Bias

Pengguna TikTok harus memperhatikan bahwa video yang diunggah tidak terlalu bias. Video yang terlalu bias bisa membuat pengguna TikTok lainnya tidak tertarik untuk menonton video.

26. Gunakan Fitur Duet with Sound

Fitur duet with sound bisa dimanfaatkan untuk menambah variasi pada video TikTok. Pengguna bisa melakukan duet dengan suara yang menarik dan relevan dengan video yang ingin diunggah.

27. Gunakan Fitur Effect

Fitur effect bisa dimanfaatkan untuk menambah kreativitas pada video TikTok. Pengguna bisa menggunakan berbagai macam effect yang disediakan oleh TikTok untuk membuat video yang menarik dan unik.

28. Gunakan Fitur Filter

Fitur filter juga bisa dimanfaatkan untuk menambah variasi pada video TikTok. Pengguna bisa menggunakan berbagai macam filter yang disediakan oleh TikTok untuk membuat video yang menarik dan unik.

29. Perhatikan Keseimbangan Konten

Pengguna TikTok harus memperhatikan keseimbangan konten dalam video yang diunggah. Jangan terlalu fokus pada satu jenis konten saja, seperti tarian atau komedi. Pengguna bisa menggabungkan beberapa jenis konten untuk membuat video yang lebih menarik.

30. Jangan Terlalu Serius

Vibe yang positif dan santai bisa membuat video TikTok lebih menarik. Pengguna tidak perlu terlalu serius dalam membuat video, karena bisa membuat pengguna TikTok lainnya bosan dan tidak tertarik untuk menonton video.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara upload video TikTok lebih dari 1 menit. Pengguna bisa memilih cara yang paling cocok dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Selain itu, pengguna juga harus memperhatikan kualitas dan relevansi video yang diunggah, serta mematuhi aturan yang berlaku di TikTok. Dengan begitu, video yang diunggah bisa lebih menarik dan efektif dalam menjangkau pengguna TikTok lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *