General

Jenis Burung Kicau Terkecil di Dunia

×

Jenis Burung Kicau Terkecil di Dunia

Share this article

Indonesia memiliki beragam jenis burung kicau yang terkenal di dunia. Selain burung-burung besar seperti burung merak, burung kakatua, dan burung hantu, Indonesia juga memiliki burung kicau terkecil di dunia. Jenis burung kicau terkecil di dunia ini memiliki keunikan tersendiri dan memiliki daya tarik bagi para pecinta burung. Berikut adalah beberapa jenis burung kicau terkecil di dunia yang dapat ditemukan di Indonesia.

1. Burung Cucak Rawis

Burung cucak rawis merupakan salah satu jenis burung kicau terkecil di dunia yang berasal dari Indonesia. Ukuran burung yang hanya sekitar 10 cm ini memiliki warna yang cantik dengan bulu-bulu berwarna hijau kebiruan. Burung cucak rawis memiliki suara kicau yang merdu dan sering dijadikan sebagai burung master dalam lomba burung kicau.

2. Burung Cucak Ijo Mini

Burung cucak ijo mini merupakan varian mini dari burung cucak ijo yang sangat populer di kalangan pecinta burung kicau. Ukuran burung yang hanya sekitar 11 cm ini memiliki bulu-bulu yang berwarna hijau dan kebiruan. Burung cucak ijo mini juga memiliki suara kicau yang merdu dan sering dijadikan sebagai burung master dalam lomba burung kicau.

3. Burung Cipo

Burung cipo atau burung cipoh juga merupakan salah satu jenis burung kicau terkecil di dunia yang berasal dari Indonesia. Ukuran burung yang hanya sekitar 10 cm ini memiliki warna bulu yang coklat kehitaman dengan garis-garis putih pada bagian kepala dan ekor. Burung cipo memiliki suara kicau yang unik dan berbeda dengan burung kicau lainnya.

4. Burung Cendet Mini

Burung cendet mini atau burung pentet mini merupakan varian mini dari burung cendet yang memiliki suara kicau yang keras dan merdu. Ukuran burung yang hanya sekitar 12 cm ini memiliki bulu-bulu yang berwarna hitam dengan garis-garis putih pada bagian kepala dan ekor.

5. Burung Cililin

Burung cililin merupakan jenis burung kicau terkecil di dunia yang berasal dari Indonesia. Ukuran burung yang hanya sekitar 9 cm ini memiliki bulu-bulu yang berwarna hijau kebiruan dengan kepala yang coklat kehitaman. Burung cililin memiliki suara kicau yang unik dan sering dijadikan sebagai burung master dalam lomba burung kicau.

6. Burung Kacer Mini

Burung kacer mini merupakan varian mini dari burung kacer yang sangat populer di kalangan pecinta burung kicau. Ukuran burung yang hanya sekitar 12 cm ini memiliki bulu-bulu yang berwarna hijau kebiruan dengan garis-garis putih pada bagian kepala dan ekor. Burung kacer mini juga memiliki suara kicau yang merdu dan sering dijadikan sebagai burung master dalam lomba burung kicau.

7. Burung Prenjak Mini

Burung prenjak mini merupakan varian mini dari burung prenjak yang memiliki suara kicau yang merdu dan sering dijadikan sebagai burung master dalam lomba burung kicau. Ukuran burung yang hanya sekitar 11 cm ini memiliki bulu-bulu yang berwarna hijau dan kekuningan dengan garis-garis putih pada bagian kepala dan ekor.

8. Burung Sirtu Mini

Burung sirtu mini merupakan varian mini dari burung sirtu yang sangat populer di kalangan pecinta burung kicau. Ukuran burung yang hanya sekitar 12 cm ini memiliki bulu-bulu yang berwarna hijau kebiruan dengan garis-garis putih pada bagian kepala dan ekor. Burung sirtu mini juga memiliki suara kicau yang merdu dan sering dijadikan sebagai burung master dalam lomba burung kicau.

9. Burung Tledekan Mini

Burung tledekan mini merupakan varian mini dari burung tledekan yang memiliki suara kicau yang merdu dan sering dijadikan sebagai burung master dalam lomba burung kicau. Ukuran burung yang hanya sekitar 12 cm ini memiliki bulu-bulu yang berwarna hijau kebiruan dengan garis-garis putih pada bagian kepala dan ekor.

10. Burung Pleci Mini

Burung pleci mini merupakan varian mini dari burung pleci yang sangat populer di kalangan pecinta burung kicau. Ukuran burung yang hanya sekitar 12 cm ini memiliki bulu-bulu yang berwarna hijau kebiruan dengan garis-garis putih pada bagian kepala dan ekor. Burung pleci mini juga memiliki suara kicau yang merdu dan sering dijadikan sebagai burung master dalam lomba burung kicau.

Kesimpulan

Jenis burung kicau terkecil di dunia yang ada di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung. Burung-burung mini ini memiliki suara kicau yang merdu dan sering dijadikan sebagai burung master dalam lomba burung kicau. Selain itu, burung-burung ini juga memiliki keunikan dalam warna bulu dan bentuk tubuhnya. Oleh karena itu, tidak heran jika burung-burung ini menjadi burung yang sangat diminati oleh para pecinta burung kicau di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *