General

Kecamatan di Grobogan: Mengetahui Lebih Dekat dengan Wilayah Pemerintahan di Jawa Tengah

×

Kecamatan di Grobogan: Mengetahui Lebih Dekat dengan Wilayah Pemerintahan di Jawa Tengah

Share this article

Provinsi Jawa Tengah memang memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat beragam. Salah satu kabupaten yang terkenal di sana adalah Grobogan. Kabupaten ini terletak di bagian barat daya Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Blora di sebelah utara, serta Kabupaten Semarang dan Kota Semarang di sebelah timur. Wilayah Grobogan sendiri dibagi menjadi beberapa kecamatan yang memiliki peran penting dalam pembangunan daerah. Berikut adalah gambaran singkat mengenai kecamatan di Grobogan.

Kecamatan Purwodadi

Kecamatan Purwodadi merupakan salah satu dari 21 kecamatan di Grobogan. Wilayahnya terletak di bagian utara Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Purwodadi. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sekitar 93,86 kilometer persegi dan terdiri dari 12 desa dan 2 kelurahan. Penduduknya mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci dan Taman Wisata Alam Baturraden.

Kecamatan Tawangharjo

Kecamatan Tawangharjo terletak di bagian barat Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 38 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 77,6 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 50 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 13 desa dan 3 kelurahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk di sini adalah petani dan peternak. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Air Terjun Tawangharjo dan Pemandian Air Panas Candi Jiwa.

Kecamatan Brati

Kecamatan Brati terletak di bagian tengah Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 32,5 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 30 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 12 desa dan 3 kelurahan. Mayoritas penduduk di sini bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Wisata Air Terjun Nglirip dan Wisata Alam Bukit Kelir.

Kecamatan Grobogan

Kecamatan Grobogan merupakan ibu kota Kabupaten Grobogan. Wilayahnya terletak di bagian tengah kabupaten dengan luas sekitar 15,28 kilometer persegi. Penduduknya sekitar 120 ribu jiwa yang terdiri dari 10 desa dan 3 kelurahan. Kecamatan Grobogan merupakan pusat pemerintahan dan perdagangan di Kabupaten Grobogan. Objek wisata yang menarik di kecamatan ini adalah Masjid Agung Grobogan dan Pusat Oleh-Oleh Khas Grobogan.

Kecamatan Pulokulon

Kecamatan Pulokulon terletak di bagian selatan Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 101,28 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 50 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 20 desa dan 3 kelurahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk di sini adalah petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Wisata Air Terjun Kedungombo dan Wisata Alam Cagar Alam Kali Pancur.

Kecamatan Toroh

Kecamatan Toroh terletak di bagian timur Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 79,9 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 70 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 20 desa dan 3 kelurahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk di sini adalah petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Air Terjun Curug Lawe dan Wisata Alam Pantai Bleder.

Kecamatan Kradenan

Kecamatan Kradenan terletak di bagian barat Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 30,4 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 30 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 10 desa dan 2 kelurahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk di sini adalah petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Wisata Air Terjun Grojogan Sewu dan Wisata Alam Bukit Kuntul.

Kecamatan Klambu

Kecamatan Klambu terletak di bagian tenggara Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 118,67 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 70 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 20 desa dan 3 kelurahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk di sini adalah petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Wisata Air Terjun Grojogan Sewu dan Wisata Alam Bukit Kuntul.

Kecamatan Geyer

Kecamatan Geyer terletak di bagian barat daya Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 78,2 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 50 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 13 desa dan 2 kelurahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk di sini adalah petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Wisata Air Terjun Cemoro Sewu dan Wisata Alam Bukit Cinta.

Kecamatan Gabus

Kecamatan Gabus terletak di bagian tenggara Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 35 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 51,6 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 40 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 11 desa dan 2 kelurahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk di sini adalah petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Wisata Air Terjun Cemoro Sewu dan Wisata Alam Bukit Cinta.

Kecamatan Ngaringan

Kecamatan Ngaringan terletak di bagian selatan Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 79,9 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 50 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 12 desa dan 3 kelurahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk di sini adalah petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Wisata Air Terjun Curug Lawe dan Wisata Alam Pantai Bleder.

Kecamatan Wirosari

Kecamatan Wirosari terletak di bagian timur Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 117,5 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 70 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 25 desa dan 2 kelurahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk di sini adalah petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Wisata Air Terjun Ngumbul dan Wisata Alam Pantai Surodipo.

Kecamatan Purworejo

Kecamatan Purworejo terletak di bagian utara Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 35 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 67,4 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 40 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 15 desa dan 4 kelurahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk di sini adalah petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Wisata Alam Bukit Keblang dan Wisata Air Terjun Grojogan Tawangmangu.

Kecamatan Gabuswetan

Kecamatan Gabuswetan terletak di bagian tenggara Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 52,3 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 40 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 11 desa dan 2 kelurahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk di sini adalah petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Wisata Air Terjun Curug Lawe dan Wisata Alam Pantai Bleder.

Kecamatan Geyer

Kecamatan Geyer terletak di bagian barat daya Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 78,2 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 50 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 13 desa dan 2 kelurahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk di sini adalah petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Wisata Air Terjun Cemoro Sewu dan Wisata Alam Bukit Cinta.

Kecamatan Karangrayung

Kecamatan Karangrayung terletak di bagian tenggara Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 60 kilometer dari Kota Purwodadi. Wilayahnya memiliki luas sekitar 78,2 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 30 ribu jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 10 desa dan 2 kelurahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk di sini adalah petani dan pedagang. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik, seperti Wisata Air Terjun Banyunibo dan Wisata Alam Pantai Cemara Sewu.

Kecamatan Grobogan Selatan

Kecamatan Grobogan Selatan merupakan salah satu kecamatan di Grobogan yang terbilang masih baru. Wilayahnya terletak di bagian selatan Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Purwodadi. Kecamatan ini terdiri dari 7 desa dan 1 kelurahan dengan luas wilayah sekitar 26,9 kilometer persegi. Penduduknya sekitar 20 ribu jiwa yang bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang. Objek wisata yang menarik di kecamatan ini adalah Wisata Air Terjun Waduk Gajah Mungkur.

Kecamatan Grobogan Utara

Kecamatan Grobogan Utara merupakan kecamatan yang terbilang masih baru di Kabupaten Grobogan. Wilayahnya terletak di bagian utara Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Purwodadi. Kecamatan ini terdiri dari 6 desa dengan luas wilayah sekitar 23,9 kilometer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *