General

Kecamatan di Wonogiri: Menelusuri Indahnya Kecamatan di Daerah Wonogiri

×

Kecamatan di Wonogiri: Menelusuri Indahnya Kecamatan di Daerah Wonogiri

Share this article

Wonogiri adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki 22 kecamatan yang tersebar di seluruh wilayah. Setiap kecamatan di Wonogiri memiliki keunikan dan keindahan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai kecamatan di Wonogiri.

1. Kecamatan Selogiri

Kecamatan Selogiri merupakan salah satu kecamatan yang terletak di bagian utara Kabupaten Wonogiri. Kecamatan ini memiliki potensi pariwisata yang cukup menarik, seperti air terjun Jumog yang memiliki ketinggian sekitar 82 meter dan juga cagar alam Gunung Gajah.

2. Kecamatan Ngadirojo

Berada di bagian selatan Kabupaten Wonogiri, kecamatan Ngadirojo memiliki tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Goa Jatijajar yang memiliki keunikan stalaktit dan stalakmitnya.

3. Kecamatan Jatisrono

Kecamatan Jatisrono memiliki tempat wisata berupa wisata religi yaitu makam Sunan Jatisono yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya.

4. Kecamatan Karangtengah

Kecamatan Karangtengah memiliki daya tarik wisata berupa wisata alam yaitu Kali Cacing yang memiliki air terjun dan sungai yang jernih. Selain itu, kecamatan ini juga memiliki tempat wisata lainnya yaitu Goa Rancang.

5. Kecamatan Paranggupito

Kecamatan Paranggupito memiliki wisata alam berupa bukit Kapur yang memiliki keindahan alam yang memukau dan juga Pantai Ngliyep yang memiliki pemandangan yang sangat indah.

6. Kecamatan Giritontro

Kecamatan Giritontro memiliki tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Bukit Sigolo-golo yang memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Selain itu, kecamatan ini juga memiliki objek wisata lainnya yaitu air terjun Mangkuning.

7. Kecamatan Baturetno

Kecamatan Baturetno memiliki wisata alam berupa hutan pinus yang indah dan juga wisata religi yaitu makam Mbah Kebon.

8. Kecamatan Manyaran

Kecamatan Manyaran memiliki tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Pantai Baron yang memiliki keindahan pemandangan dan juga Pantai Kukup yang memiliki keunikan ombaknya.

9. Kecamatan Slogohimo

Kecamatan Slogohimo memiliki wisata alam berupa air terjun Ngandong yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau dan juga wisata religi yaitu makam Sunan Slogohimo.

10. Kecamatan Jatipurno

Kecamatan Jatipurno memiliki tempat wisata berupa air terjun Ngancar yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan juga wisata religi yaitu makam Sunan Ngampel.

11. Kecamatan Girimarto

Kecamatan Girimarto memiliki wisata alam berupa air terjun Grojogan Tawangmangu dan juga wisata religi yaitu makam Sunan Geseng.

12. Kecamatan Giriwoyo

Kecamatan Giriwoyo memiliki tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Candi Sukuh yang merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit.

13. Kecamatan Batuwarno

Kecamatan Batuwarno memiliki wisata alam berupa air terjun Gajahmungkur yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau dan juga wisata religi yaitu makam Sunan Kalijaga.

14. Kecamatan Bulukerto

Kecamatan Bulukerto memiliki wisata alam berupa air terjun Jurug yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan juga wisata religi yaitu makam Sunan Bulus.

15. Kecamatan Eromoko

Kecamatan Eromoko memiliki tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Candi Prambanan yang merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Mataram Kuno.

16. Kecamatan Jatiroto

Kecamatan Jatiroto memiliki wisata alam berupa air terjun Kemiri yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau dan juga wisata religi yaitu makam Sunan Jati.

17. Kecamatan Jumapolo

Kecamatan Jumapolo memiliki tempat wisata berupa wisata religi yaitu makam Sunan Kudus yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya.

18. Kecamatan Kismantoro

Kecamatan Kismantoro memiliki wisata alam berupa air terjun Grojogan Sewu yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau dan juga wisata religi yaitu makam Sunan Kudus.

19. Kecamatan Pracimantoro

Kecamatan Pracimantoro memiliki tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Candi Cetho yang merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit.

20. Kecamatan Wonogiri

Kecamatan Wonogiri adalah ibu kota dari Kabupaten Wonogiri. Kecamatan ini memiliki tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Taman Wisata Umbul Sidomukti yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau.

21. Kecamatan Puhpelem

Kecamatan Puhpelem memiliki wisata alam berupa air terjun Cemara Sewu yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau dan juga wisata religi yaitu makam Sunan Ngampel.

22. Kecamatan Karanganyar

Kecamatan Karanganyar memiliki tempat wisata berupa wisata religi yaitu makam Sunan Kalijaga yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kecamatan di Wonogiri memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. Jika Anda ingin berlibur ke Wonogiri, jangan lupa untuk mengunjungi kecamatan-kecamatan tersebut untuk menikmati keindahan alam dan juga wisata religi yang tersedia di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *