General

Lensa Cekung: Pengertian, Jenis, dan Fungsi

×

Lensa Cekung: Pengertian, Jenis, dan Fungsi

Share this article

Lensa adalah suatu objek optik yang digunakan untuk memfokuskan sinar cahaya. Ada dua jenis lensa yaitu lensa cekung dan lensa cembung. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang lensa cekung.

Pengertian Lensa Cekung

Lensa cekung adalah jenis lensa yang memiliki bentuk menonjol ke dalam seperti mangkuk. Lensa ini memiliki titik fokus yang berbeda dengan lensa cembung. Pada lensa cekung, titik fokusnya berada di depan lensa, sedangkan pada lensa cembung titik fokusnya berada di belakang lensa.

Jenis-jenis Lensa Cekung

Ada beberapa jenis lensa cekung, antara lain:

  • Lensa cekung tunggal
  • Lensa cekung rangkaian
  • Lensa cekung silinder

Lensa Cekung Tunggal

Lensa cekung tunggal memiliki satu permukaan cekung dan satu permukaan datar. Lensa ini sering digunakan pada peralatan optik seperti mikroskop dan teleskop.

Lensa Cekung Rangkaian

Lensa cekung rangkaian terdiri dari beberapa lensa cekung yang disusun secara berurutan. Lensa ini sering digunakan pada kamera dan peralatan optik lainnya.

Lensa Cekung Silinder

Lensa cekung silinder memiliki permukaan cekung yang berbentuk silinder. Lensa ini sering digunakan pada kacamata untuk merubah bentuk lensa agar sesuai dengan bentuk bola mata.

Fungsi Lensa Cekung

Lensa cekung memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

  • Memperbesar benda
  • Memperjelas gambar
  • Mengurangi intensitas cahaya
  • Mengurangi distorsi pada gambar

Memperbesar Benda

Lensa cekung dapat digunakan untuk memperbesar benda. Ketika cahaya melewati lensa cekung, cahaya tersebut akan dipantulkan ke dalam dan memperbesar benda yang ada di sebelah lensa.

Memperjelas Gambar

Lensa cekung juga dapat digunakan untuk memperjelas gambar. Ketika cahaya melewati lensa cekung, cahaya tersebut akan dipantulkan ke dalam dan membuat gambar menjadi lebih jelas.

Mengurangi Intensitas Cahaya

Lensa cekung dapat mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam lensa. Hal ini berguna untuk menghindari terjadinya efek silau pada mata ketika melihat benda yang terlalu terang.

Mengurangi Distorsi pada Gambar

Lensa cekung juga dapat mengurangi distorsi pada gambar. Ketika cahaya melewati lensa cekung, cahaya tersebut akan dipantulkan ke dalam dan membuat gambar menjadi lebih stabil dan tidak terdistorsi.

Kesimpulan

Lensa cekung adalah jenis lensa yang memiliki bentuk menonjol ke dalam seperti mangkuk. Ada beberapa jenis lensa cekung, antara lain lensa cekung tunggal, lensa cekung rangkaian, dan lensa cekung silinder. Lensa cekung memiliki beberapa fungsi, di antaranya memperbesar benda, memperjelas gambar, mengurangi intensitas cahaya, dan mengurangi distorsi pada gambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *