General

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya: Menelusuri Jejak Sejarah di Nusantara

×

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya: Menelusuri Jejak Sejarah di Nusantara

Share this article

Indonesia memiliki sejarah yang sangat kaya dan beragam. Salah satu kerajaan terbesar di Indonesia adalah Kerajaan Sriwijaya yang berdiri pada abad ke-7 hingga abad ke-13. Kerajaan ini berpusat di Palembang dan memerintah wilayah yang meliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan sebagian wilayah Malaysia.

Asal Usul Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya didirikan oleh Dapunta Hyang Sri Jayanasa, seorang putra dari kerajaan Kalingga yang melarikan diri ke Palembang. Kerajaan ini berkembang pesat pada masa pemerintahan Raja Dharmasetu yang memperluas wilayah kekuasaannya hingga ke Semenanjung Melayu.

Keberhasilan Kerajaan Sriwijaya dalam menguasai jalur perdagangan antara Asia Tenggara dan Tiongkok membuatnya menjadi pusat perdagangan penting di Asia Tenggara. Kerajaan ini juga dikenal sebagai pusat agama Buddha yang berkembang pesat pada masa pemerintahan Raja Sri Indrawarman.

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya meninggalkan banyak peninggalan bersejarah yang masih dapat ditemukan di wilayah Sumatra hingga saat ini. Beberapa peninggalan terkenal dari Kerajaan Sriwijaya antara lain:

Candi Muara Takus

Candi Muara Takus terletak di Kabupaten Kampar, Riau dan merupakan salah satu peninggalan penting dari Kerajaan Sriwijaya. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-7 dan merupakan tempat pemujaan agama Buddha. Candi Muara Takus terdiri dari tiga bangunan utama yaitu candi induk, candi perwara, dan stupa.

Candi Kedaton

Candi Kedaton terletak di Kota Palembang dan merupakan candi Buddha terbesar di Sumatra. Candi ini dibangun pada abad ke-11 dan memiliki arsitektur yang sangat indah. Di dalam candi terdapat patung Buddha yang sangat besar serta relief-relief yang menggambarkan kehidupan Buddha.

Candi Karanganyar

Candi Karanganyar terletak di Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan dan merupakan candi Hindu terbesar di Sumatra. Candi ini dibangun pada abad ke-7 dan memiliki arsitektur yang sangat unik. Di dalam candi terdapat relief-relief yang menggambarkan kehidupan masyarakat pada masa itu.

Pengaruh Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya memiliki pengaruh yang besar pada peradaban di Asia Tenggara. Kerajaan ini menjadi pusat perdagangan penting yang menghubungkan India, Tiongkok, dan Jawa. Selain itu, Kerajaan Sriwijaya juga menjadi pusat agama Buddha yang mempengaruhi budaya di wilayah Asia Tenggara.

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang masih dapat ditemukan hingga saat ini menjadi bukti kejayaan peradaban Indonesia pada masa lalu. Kita sebagai generasi penerus harus melestarikan dan mempelajari sejarah ini agar tidak dilupakan oleh masa depan.

Kesimpulan

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang masih dapat ditemukan di wilayah Sumatra hingga saat ini menjadi bukti kejayaan peradaban Indonesia pada masa lalu. Candi Muara Takus, Candi Kedaton, dan Candi Karanganyar adalah beberapa peninggalan terkenal dari Kerajaan Sriwijaya yang harus kita lestarikan. Selain itu, pengaruh Kerajaan Sriwijaya pada peradaban di Asia Tenggara sangat besar dan menjadi salah satu tonggak sejarah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *