General

Sejarah Berdiri Barclays Premier League

×

Sejarah Berdiri Barclays Premier League

Share this article

Barclays Premier League atau yang sering disebut sebagai Premier League merupakan sebuah liga sepak bola profesional di Inggris. Premier League sendiri dibentuk pada tahun 20 Februari 1992 sebagai hasil pemisahan dari Liga Sepak Bola Inggris.

Pemisahan dari Liga Sepak Bola Inggris

Pada awalnya, Liga Sepak Bola Inggris atau English Football League (EFL) didirikan pada tahun 1888. EFL terdiri dari empat divisi, dimana divisi teratasnya adalah First Division.

Namun, pada tahun 1991, para klub First Division merasa tidak puas dengan sistem pembagian pendapatan yang diatur oleh EFL. Sebagai hasilnya, pada tahun berikutnya, 22 klub First Division memutuskan untuk keluar dari EFL dan membentuk Premier League sebagai sebuah liga tersendiri.

Perkembangan Premier League

Setelah berdiri pada tahun 1992, Premier League langsung menjadi liga yang sangat populer dan sukses di seluruh dunia. Dalam waktu singkat, Premier League menjadi salah satu liga sepak bola paling terkenal dan prestisius di dunia.

Beberapa perubahan penting telah dilakukan di Premier League selama bertahun-tahun. Salah satunya adalah penggantian sponsor dari Carling ke Barclays pada tahun 2004. Sponsorship dari Barclays membuat nama liga ini menjadi Barclays Premier League.

Selain itu, pada tahun 1995, Premier League juga menambahkan satu slot untuk klub yang berprestasi di kompetisi Eropa, yang dikenal sebagai slot keempat. Hal ini memungkinkan empat klub teratas di Premier League untuk berpartisipasi di Liga Champions UEFA setiap musim.

Format Kompetisi

Premier League saat ini terdiri dari 20 klub yang bertanding dalam satu musim penuh, dimulai dari bulan Agustus hingga bulan Mei. Setiap klub bermain 38 pertandingan, dengan setiap klub bermain satu kali di kandang dan satu kali tandang melawan klub lainnya.

Klub yang memenangkan pertandingan mendapatkan tiga poin, sedangkan klub yang seri mendapatkan satu poin dan klub yang kalah tidak mendapatkan poin. Klub yang mengumpulkan poin tertinggi di akhir musim akan menjadi juara Premier League.

Juara Premier League

Sejak berdirinya pada tahun 1992, Premier League telah melahirkan banyak klub juara yang terkenal. Klub yang paling sukses di Premier League adalah Manchester United dengan 13 gelar juara, diikuti oleh Chelsea dengan 5 gelar juara dan Manchester City dengan 4 gelar juara.

Beberapa pemain terkenal yang pernah bermain di Premier League adalah Alan Shearer, Thierry Henry, Steven Gerrard, dan Cristiano Ronaldo. Mereka adalah beberapa dari banyak pemain sukses yang telah bermain di kompetisi ini.

Kesimpulan

Barclays Premier League merupakan liga sepak bola yang terkenal dan sukses di seluruh dunia. Liga ini dibentuk pada tahun 1992 setelah keluarnya 22 klub First Division dari Liga Sepak Bola Inggris.

Premier League telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun dan menjadi salah satu liga sepak bola paling terkenal dan prestisius di dunia. Premier League saat ini terdiri dari 20 klub yang berkompetisi untuk menjadi juara Premier League.

Manchester United adalah klub paling sukses di Premier League dengan 13 gelar juara, diikuti oleh Chelsea dan Manchester City. Banyak pemain terkenal yang telah bermain di Premier League dan menjadikannya liga yang sangat menarik dan menghibur untuk ditonton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *