General

Sejarah Berdiri Perusahaan McDonald

×

Sejarah Berdiri Perusahaan McDonald

Share this article

McDonald merupakan salah satu restoran cepat saji yang sangat populer di dunia dan menjadi salah satu perusahaan terbesar di bidang pengolahan makanan. Perusahaan ini didirikan oleh Richard and Maurice McDonald pada tahun 1940 di San Bernardino, California, Amerika Serikat. Kini, McDonald telah berkembang menjadi jaringan restoran cepat saji terbesar di dunia dengan cabang di hampir seluruh negara.

Pendahuluan

Pada awalnya, McDonald didirikan sebagai restoran drive-in dengan nama “McDonald’s Bar-B-Q”. Pada tahun 1948, perusahaan ini mulai mengubah konsepnya menjadi restoran cepat saji. Konsep baru ini dikenal dengan sebutan “Speedee Service System”. Konsep ini memperkenalkan menu yang sederhana dan proses pemesanan yang sangat cepat.

Sejarah Awal

Pada tahun 1954, Ray Kroc, seorang penjual mesin milkshake, mengunjungi McDonald dan terkesan dengan konsep restoran cepat sajinya. Ray Kroc kemudian membeli hak waralaba McDonald dan membuka restoran pertama McDonald di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat. Restoran tersebut dibuka pada tanggal 15 April 1955.

Dalam waktu seminggu, restoran tersebut berhasil menjual 2.000 hamburger. Kesuksesan restoran pertama McDonald ini menjadi awal dari berkembangnya jaringan restoran McDonald ke seluruh dunia.

Ekspansi ke Luar Negeri

Pada tahun 1967, McDonald membuka restoran pertamanya di luar Amerika Serikat. Restoran tersebut dibuka di Kanada dan kemudian diikuti oleh restoran-restoran di negara-negara lain seperti Inggris, Jepang, dan Australia.

Pada tahun 1990, McDonald membuka restoran pertamanya di Rusia. McDonald menjadi salah satu perusahaan asing pertama yang masuk ke pasar Rusia setelah runtuhnya Uni Soviet.

Pengembangan Produk dan Layanan

McDonald terus melakukan inovasi dalam pengembangan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Pada tahun 1968, McDonald memperkenalkan menu sarapan dengan McBreakfast. Kemudian, pada tahun 1979, McDonald memperkenalkan menu Happy Meal yang dirancang khusus untuk anak-anak.

McDonald juga terus meningkatkan layanannya dengan memperkenalkan drive-thru pada tahun 1975. Kemudian, pada tahun 1998, McDonald memperkenalkan layanan pesan antar atau delivery di Amerika Serikat.

McDonald di Indonesia

McDonald masuk ke Indonesia pada tahun 1991 dengan membuka restoran pertama di Jakarta. Kini, McDonald telah memiliki lebih dari 200 restoran di seluruh Indonesia.

McDonald di Indonesia juga mengembangkan produk dan layanannya dengan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia. Salah satu contohnya adalah menu Ayam Spesial yang hanya ada di Indonesia.

Kesimpulan

Dalam sejarah berdirinya, McDonald telah melakukan berbagai inovasi dalam pengembangan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan jaringan restoran terbesar di dunia dan cabangnya yang tersebar di hampir seluruh negara, McDonald terus mengembangkan diri untuk tetap menjadi pemimpin dalam industri restoran cepat saji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *