General

Sejarah Palestina: Melacak Asal Usul Konflik Israel-Palestina

×

Sejarah Palestina: Melacak Asal Usul Konflik Israel-Palestina

Share this article

Pengenalan

Palestina adalah negara yang berada di Timur Tengah dengan sejarah yang kaya dan panjang. Selama berabad-abad, Palestina menjadi pusat peradaban dan perdagangan yang penting. Namun, sejak abad ke-20, Palestina menjadi pusat konflik antara Israel dan Palestina. Konflik ini telah menyebabkan banyak korban dan kerusakan di kedua belah pihak.

Palestina Sebelum Israel

Palestina telah dihuni oleh berbagai suku dan bangsa sejak zaman kuno. Bangsa Kanaan, yang terkenal dengan kebudayaan dan kesenian mereka, mendiami Palestina sekitar 3000 SM. Kemudian, bangsa-bangsa seperti Mesir, Babilonia, Persia, dan Yunani secara bergantian menguasai Palestina.

Pada abad ke-4 SM, Aleksander Agung menaklukkan Palestina dan menjadikannya bagian dari Kekaisaran Romawi. Pada abad ke-7 M, Palestina dikuasai oleh bangsa Arab yang mengembangkan Islam. Selama beberapa abad, Palestina menjadi bagian dari Kekhalifahan Islam.

Palestina di Bawah Penjajahan Inggris

Pada awal abad ke-20, Palestina berada di bawah kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah. Namun, setelah Perang Dunia I, Inggris mengambil alih kontrol atas Palestina. Inggris berjanji untuk mendirikan negara Palestina merdeka, tetapi janji ini tidak pernah dipenuhi.

Inggris kemudian memberikan izin kepada Yahudi untuk menetap di Palestina dan membentuk komunitas Yahudi. Hal ini menyebabkan ketegangan antara penduduk asli Palestina dan komunitas Yahudi. Pada tahun 1947, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengusulkan untuk membagi Palestina menjadi dua negara: satu negara Yahudi dan satu negara Arab. Namun, proposal ini ditolak oleh Palestina dan perang pecah.

Pendirian Israel dan Konflik Israel-Palestina

Pada tanggal 14 Mei 1948, negara Israel secara resmi dideklarasikan. Pada saat yang sama, negara-negara Arab menyerang Israel. Perang berlangsung selama satu tahun dan berakhir dengan kemenangan Israel. Akibatnya, banyak orang Palestina menjadi pengungsi dan harus meninggalkan rumah mereka.

Konflik antara Israel dan Palestina terus berlanjut hingga saat ini. Banyak tindakan kekerasan dilakukan oleh kedua belah pihak dan ratusan orang telah tewas. Beberapa upaya telah dilakukan untuk mencapai perdamaian, tetapi kesepakatan belum pernah tercapai.

Situasi Palestina Saat Ini

Saat ini, Palestina terbagi menjadi dua wilayah: Tepi Barat (yang dikuasai oleh Palestina) dan Jalur Gaza (yang dikuasai oleh Hamas). Israel masih menguasai sebagian besar wilayah Palestina dan membangun pemukiman Yahudi di sana. Banyak orang Palestina yang masih hidup dalam kemiskinan dan ketidakpastian.

Kesimpulan

Sejarah Palestina sangat panjang dan kompleks. Palestina telah dihuni oleh berbagai bangsa dan suku sejak zaman kuno. Konflik antara Israel dan Palestina telah berlangsung selama bertahun-tahun dan menyebabkan banyak korban dan kerusakan. Meskipun banyak upaya telah dilakukan untuk mencapai perdamaian, kesepakatan belum pernah tercapai. Saat ini, Palestina masih menghadapi banyak tantangan dan kesulitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *