General

Sejarah Perusahaan Amazon.com Penjualan

×

Sejarah Perusahaan Amazon.com Penjualan

Share this article

Amazon.com adalah sebuah perusahaan raksasa dalam bidang perdagangan daring atau e-commerce yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos dan berkantor pusat di Seattle, Washington. Amazon.com merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia dan menjual berbagai macam produk, mulai dari buku, musik, film, hingga produk elektronik.

Awal Mula Amazon.com

Pada awalnya, Amazon.com hanya menjual buku secara daring. Jeff Bezos melihat peluang besar di industri buku karena jumlah buku yang tersedia di dunia sangat banyak, dan pembeli di seluruh dunia membutuhkan akses mudah untuk membeli buku tanpa harus ke toko buku fisik.

Pada tahun 1995, Amazon.com resmi diluncurkan dan langsung mendapatkan respon positif dari masyarakat. Beberapa bulan setelah diluncurkan, perusahaan ini sudah berhasil menjual buku ke seluruh penjuru Amerika Serikat dan bahkan ke beberapa negara di seluruh dunia.

Perkembangan Amazon.com

Setelah sukses dengan penjualan buku, Amazon.com mulai memperluas jangkauannya dengan menjual produk elektronik seperti kamera digital, ponsel, dan laptop. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga mulai menawarkan produk-produk kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, sepatu, dan makanan.

Tidak hanya itu, Amazon.com juga mulai mengembangkan bisnisnya dengan mengakuisisi beberapa perusahaan seperti IMDB, Alexa Internet, dan Zappos. Dalam waktu yang singkat, Amazon.com menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia dengan pendapatan ratusan miliar dollar setiap tahunnya.

Amazon.com di Indonesia

Amazon.com tidak langsung masuk ke pasar Indonesia. Sebelumnya, perusahaan ini memasuki pasar Asia Tenggara dengan membuka toko daring di Singapura pada tahun 2017. Namun, pada tahun 2020, Amazon.com resmi memasuki pasar Indonesia dengan membuka situs belanja daring Amazon.co.id.

Dengan masuknya Amazon.com ke Indonesia, masyarakat Indonesia sekarang bisa membeli berbagai produk dari Amazon.com tanpa harus repot-repot membeli dari luar negeri. Amazon.co.id menyediakan berbagai macam produk, mulai dari buku, musik, film, hingga produk elektronik dengan harga yang terjangkau.

Keunggulan Amazon.com

Amazon.com memiliki banyak keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Keunggulan pertama adalah kemudahan dalam melakukan transaksi. Pembeli bisa melakukan transaksi dengan mudah dan cepat, bahkan dengan menggunakan smartphone.

Keunggulan kedua adalah harga yang terjangkau. Amazon.com menawarkan produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko fisik. Selain itu, perusahaan ini juga sering memberikan diskon dan promo menarik untuk para pembelinya.

Keunggulan ketiga adalah pilihan produk yang banyak. Amazon.com memiliki ribuan produk yang bisa dipilih oleh pembeli. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga menyediakan produk-produk eksklusif yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Kesimpulan

Dari artikel ini, dapat disimpulkan bahwa Amazon.com adalah perusahaan raksasa dalam bidang perdagangan daring atau e-commerce yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos dan berkantor pusat di Seattle, Washington. Amazon.com menjual berbagai macam produk, mulai dari buku, musik, film, hingga produk elektronik. Saat ini, Amazon.com sudah memasuki pasar Indonesia dengan membuka situs belanja daring Amazon.co.id.

Keunggulan Amazon.com adalah kemudahan dalam melakukan transaksi, harga yang terjangkau, dan pilihan produk yang banyak. Dengan keunggulan tersebut, tidak heran jika Amazon.com menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia dengan pendapatan ratusan miliar dollar setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *