General

Vaksin Covid-19 Indonesia Tahapan Uji bagi Para Relawan

×

Vaksin Covid-19 Indonesia Tahapan Uji bagi Para Relawan

Share this article

Pendahuluan

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia membuat banyak orang khawatir dan merasa ketakutan. Oleh karena itu, upaya pemerintah dan para ahli untuk menemukan vaksin Covid-19 sangatlah penting. Di Indonesia, para ahli dan peneliti sedang melakukan tahapan uji coba vaksin Covid-19 bagi para relawan.

Tahapan Uji Coba Vaksin Covid-19

Tahapan uji coba vaksin Covid-19 terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap pra-klinis, tahap kedua adalah tahap klinis, dan tahap ketiga adalah tahap pendaftaran dan pengawasan.

Tahap Pra-Klinis

Tahap pra-klinis merupakan tahap awal dari uji coba vaksin Covid-19. Pada tahap ini, para peneliti melakukan uji coba vaksin pada hewan percobaan, seperti tikus atau monyet. Tujuannya adalah untuk mengetahui reaksi vaksin pada hewan percobaan.

Tahap Klinis

Setelah tahap pra-klinis, dilanjutkan dengan tahap klinis. Tahap klinis ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap I, tahap II, dan tahap III.

Tahap I

Tahap I merupakan tahap uji coba vaksin Covid-19 pada manusia yang pertama kali dilakukan. Pada tahap ini, vaksin diuji coba pada sekitar 20-100 relawan. Tujuannya adalah untuk mengetahui efek samping dari vaksin pada manusia.

Tahap II

Tahap II merupakan tahap uji coba vaksin Covid-19 pada manusia yang lebih banyak. Pada tahap ini, vaksin diuji coba pada sekitar 100-500 relawan. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektivitas vaksin dan dosis yang tepat.

Tahap III

Tahap III merupakan tahap uji coba vaksin Covid-19 pada manusia yang paling banyak. Pada tahap ini, vaksin diuji coba pada sekitar 1.000-30.000 relawan. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektivitas vaksin dan keamanannya.

Tahap Pendaftaran dan Pengawasan

Setelah tahap klinis, dilanjutkan dengan tahap pendaftaran dan pengawasan. Pada tahap ini, vaksin yang telah melewati tahap klinis akan didaftarkan ke lembaga pengawas obat-obatan. Lembaga tersebut akan melakukan pengawasan terhadap keamanan dan efektivitas vaksin.

Uji Coba Vaksin Covid-19 di Indonesia

Di Indonesia, uji coba vaksin Covid-19 sedang dilakukan oleh PT Bio Farma. Uji coba ini merupakan kolaborasi dengan perusahaan farmasi asal China, Sinovac Biotech. Uji coba vaksin Covid-19 di Indonesia telah melewati tahap II dan akan dilanjutkan ke tahap III.

Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19 di Indonesia

Untuk melaksanakan tahap III uji coba vaksin Covid-19 di Indonesia, PT Bio Farma dan Sinovac Biotech membutuhkan sekitar 1.600 relawan. Relawan yang diambil adalah orang yang sehat dan belum pernah terinfeksi Covid-19. Relawan juga harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu, seperti usia dan riwayat kesehatan.

Proses Pendaftaran Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19

Proses pendaftaran relawan uji coba vaksin Covid-19 dilakukan secara online. Relawan dapat mendaftar melalui situs web yang telah disediakan oleh PT Bio Farma. Setelah mendaftar, para relawan akan melewati serangkaian tes, seperti tes darah dan tes swab.

Keuntungan Menjadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19

Menjadi relawan uji coba vaksin Covid-19 memiliki keuntungan yang cukup banyak. Selain dapat membantu dalam penelitian vaksin Covid-19, relawan juga akan mendapatkan manfaat kesehatan. Selain itu, relawan juga akan mendapatkan kompensasi sebesar Rp 5 juta.

Kesimpulan

Uji coba vaksin Covid-19 di Indonesia sedang dilakukan oleh PT Bio Farma dan Sinovac Biotech. Uji coba ini telah melewati tahap II dan akan dilanjutkan ke tahap III. Untuk melaksanakan tahap III, PT Bio Farma dan Sinovac Biotech membutuhkan sekitar 1.600 relawan. Relawan dapat mendaftar melalui situs web yang telah disediakan oleh PT Bio Farma. Menjadi relawan uji coba vaksin Covid-19 memiliki keuntungan yang cukup banyak, seperti membantu dalam penelitian vaksin Covid-19, mendapatkan manfaat kesehatan, dan kompensasi sebesar Rp 5 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *